Toyota Bidik Produksi 9,2 Juta Kendaraan Global 2021

Toyota Bidik Produksi 9,2 Juta Kendaraan Global 2021

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- ToyotaÂMotor Corporation membuat target ambisius dengan berencana...

Jakarta, CNN Indonesia --

ToyotaÂMotor Corporation membuat target ambisius dengan berencana memproduksi sebanyak 9,2 juta unit kendaraan secara global pada 2021. Target ini naik dua persen dibandingkan masa sebelum pandemi Covid-19.

Perusahaan otomotif asal JepangÂitu juga sudah menginformasikan rencana ini kepada seluruh pemasok suku cadang, menurut laporan Nikkei dilansir dari Reuters, Jumat (5/2).

Diharapkan target ini menjadi momentum penjualan di China dan sebagai sekaligus upaya pemulihan permintaan di Amerika Utara dan Jepang.


Toyota juga optimistis penjualan mobilnya di seluruh dunia terdongkrak pada 2021, usia ditemukan vaksin Covid-19 untuk menekan penyebaran virus corona.

Toyota Motor Corporation diketahui berhasil menjadi grup otomotif paling laris meski dunia sedang dihadapkan pandemi secara global.

Penjualan grup Toyota, termasuk produsen Daihatsu dan produsen kendaraan komersial Hino pada tahun lalu mencapai 9,53 juta unit.

Japan Times menyebutkan walau grup Toyota terlaris di dunia, perusahaan ini tetap mengalami penurunan pertama dalam lima tahun, yakni sebesar 11,3 persen dibanding 2019.

Titik penjualan terparah pada 2020 disebut terjadi pada April - Juni saat seluruh dunia mengalami gejolak ekonomi sebab pandemi.

"Penjualan kami turun dari tahun sebelumnya karena pandemi, tetapi penurunan itu terbatas sekitar 10 persen," kata penjelasan Toyota.

Toyota Motor Corporation menjadi produsen otomotif terbesar dunia ketika industri tengah menderita akibat pandemi Covid-19, dan pabrikan Jepang itu menggeser Volkswagen yang pada 2020 penjualannya jatuh di atas 15 persen.

Toyota memimpin penjualan di pasar otomotif global setelah menikmati pertumbuhan di China baik Desember maupun sepanjang 2020, dengan total telah memasarkan 9.528.438 unit kendaraan, mengutip data penjualan 2020 Toyota yang dipublikasikan, Kamis (5/2), dikutip Antara.

Pasar China telah menjadi penopang sedikit pulihnya performa pasar Toyota di tengah pandemi, dengan penjualan Januari-Desember 2020 naik 10,9 persen dibanding tahun lalu. Pasar lainnya yang menjadi penopang adalah Amerika Utara, Eropa, dan Jepang.

Dengan penjualan lebih 9,5 juta unit itu, Toyota mengalami penurunan penjualan hanya 10,5 persen di tahun pandemi, sedangkan pabrikan Jerman Volkswagen melaporkan penjualan tahunannya jatuh hingga 15,2 persen.

(ryh/mik)
[Gambas:Video CNN]