Gandeng Pemkab Muaro Jambi, Tanoto Foundation Resmikan Program Pengembangan Sekolah Penggerak

Gandeng Pemkab Muaro Jambi, Tanoto Foundation Resmikan Program Pengembangan Sekolah Penggerak

Terbaiknews - KOMPAS.com – Direktur Pendidikan Dasar TanotoFoundation M Ari Widowati mengatakanpihaknya...

KOMPAS.com – Direktur Pendidikan Dasar TanotoFoundation M Ari Widowati mengatakan, pihaknya mendukung pemerintah daerah dalam mendorong praktik-praktik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Atas dasar tersebut, Tanoto Foundation bekerja sama dengan Kabupaten Muaro Jambi meresmikan program pengembangan sekolah-sekolah penggerak di Muaro Jambi, Jambi, Senin (8/2/2021).

Kerja sama tersebut ditandatangani Ari dan Bupati Muaro Jambi Masnah Busro.

Sekadar informasi, pengembangan sekolah-sekolah penggerak tersebut merupakan implementasi dari program organisasi yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Penguatan Sekolah Penggerak Jadi Fokus Kolaborasi Tanoto Foundation dan Muaro Jambi

"Program ini berfokus pada pengembangan model pelatihan guru dan kepala sekolah untuk peningkatan hasil belajar literasi, numerasi, sains, dan karakter siswa," kata Ari dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (9/2/2021).

Selain itu, Ari menuturkan, dengan model program tersebut, sekolah akan menjadi contoh yang bisa ditiru bagi kabupaten lain.

“Kerja sama ini merupakan wujud gotong royong untuk mewujudkan pendidikan yang mampu menghasilkan pelajar-pelajar dan individu-individu yang kreatif, kritis, mandiri, punya sikap gotong royong, dan juga kebhinnekaan global," paparnya.

Pada kesempatan itu, Masnah mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Kabupaten Muaro Jambi sebagai bagian dari program peningkatan kualitas pendidikan Tanoto Foundation.

Hadirkan Rumah Anak Sigap, Tanoto Foundation Pastikan Anak Indonesia Berkembang Sesuai Tahapan

Dia berharap, program ini dapat menggali potensi terbaik guru dalam memberikan pendidikan berkualitas bagi siswa di daerahnya.

"Saya sangat mendukung program ini dan berharap kerja sama ini dapat terus berkelanjutan dan bisa menyentuh seluruh wilayah Muaro Jambi," katanya.

Selain Muaro Jambi, Tanoto Foundation juga bekerja sama dengan tiga kabupaten lain, yaitu Kampar, Riau; Tegal, Jawa Tengah; dan Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Di setiap kabupaten, Tanoto Foundation akan melatih dan mendampingi 40 sekolah dasar (SD) dan 25 sekolah menegah pertama (SMP) yang tersebar di daerah perkotaan dan pedesaan.

Apresiasi Guru, Tanoto Gelar Facilitator Gathering Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Sekolah-sekolah yang dilatih dan didampingi akan difasilitasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, manajemen dan kepemimpinan sekolah, peran serta masyarakat, serta budaya baca.

Berita dengan kategori