3 Hoaks WhatsApp yang Wajib Diwaspadai Pengguna

3 Hoaks WhatsApp yang Wajib Diwaspadai Pengguna

Terbaiknews - - WhatsaApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan populer di Indonesia. Kepopuleran WhatsApp...

- WhatsaApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan populer di Indonesia. Kepopuleran WhatsApp kerap dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab untuk menyebarkan hoaks dan berita palsu.

Meskipun WhatsApp mengupayakan berbagai cara untuk menekan peredaranya, selalu ada celah bagi penyebar hoaks untuk mengedarkan infromasi yang menyesatkan.

Kompas Tekno merangkum beberapa hoaks yang kerap muncul di WhatsApp dan perlu diwaspadai pengguna. Berikut daftarnya.

1. Tawaran internet gratis

Hoaks satu ini cukup marak merebak sepanjang tahun 2020. Di dalam pesan yang umum beredar, pengguna diiming-imingi internet gratis dengan hanya menekan sebuah tautan.

Seperti hoaks tawaran internet gratis 20 GB selama 60 hari yang beredar awal tahun 2020. Pesan ini pernah beredar tahun 2018 silam dengan isi yang sama.

Pesan itu berbunyi "Koneksi Internet GRATIS 20 GB. Dapatkan 20 GB internet gratis selama 60 hari untuk setiap operator seluler. Saya baru saja mengaktifkan, [link ke sebuah situs berdomain .club]".

Jika tautan diklik, pengguna akan dibawa ke sebuah laman web yang tampilannya tampak meyakinkan. Pengguna lantas diminta untuk mengisi sebuah kuesioner demi mendapat kuota gratis untuk seluruh operator. Pengguna juga akan diminta mengisi data yang rawan disalahgunakan.

Iming-iming yang sama juga pernah muncul di pesan hoaks lain yang menawarkan kuota 100 GB untuk seluruh operator. Pesan itu berisi kalimat persuasif berbunyi "Untuk melawan virus Corona, kami menawarkan Anda 100 GB koneksi internet gratis untuk tetap di rumah dengan selamat dan menikmati internet".

Pengguna kemudian diarahkan untuk mengklik sebuah tautan link dengan domain "(dot)xyz" untuk mengaktifkan kuota gratis.

Berita dengan kategori