Apple-Hyundai Tunda Kerjasama Riset Mobil Listrik

Apple-Hyundai Tunda Kerjasama Riset Mobil Listrik

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Perusahaan teknologiÂApple dikabarkan menunda pembahasan terkait...

Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan teknologiÂApple dikabarkan menunda pembahasan terkait kerjasama pengembangan kendaraan listrik tanpa pengemudi pertamanya dengan Hyundai-Kia, Jumat pekan lalu.

Penundaan pengembangan Apple Car dikonfirmasi pihak Hyundai-Kia, mengutip Gizmochina Senin (8/2). Perusahaan otomotif Korea Selatan tersebut menegaskan pihaknya sudah tidak lagi berdiskusi dengan Apple terkait riset mobil listrik.

Meskipun pihaknya tidak menjelaskan alasan dari berakhirnya kemitraan itu, ada anggapan bahwa pengumuman yang dinilai prematur oleh Hyundai menjadi sikap yang menyinggung Apple.


Meski begitu, hal ini tidak membuat Apple menunda pengembangan mobil besutannya. Apple dikabarkan tengah mesra dengan beberapa pabrikan lain dalam pengembangan proyek itu. Ada enam produsen mobil asal Jepang yang sedang dibidik Apple.

9to5mac memberitakan, belum ada kepastian dari kolaborasi tersebut, saham Hyundai disebut turun sebanyak 8,4 persen di Seoul, sementara Kia merosot 14 persen.

"Berakhirnya pembicaraan dengan Apple tidak akan mengurangi strategi Hyundai, karena pembuat mobil sudah menyiapkan rencana pada bisnis EV-nya dengan merek Ioniq," kata Lee Jae-il, analis di Eugene Investment Securities Co.

Sebelumnya, Apple dikabarkan sudah semakin yakin menggandeng mobil asal Korea Selatan, Hyundai-Kia untuk memproduksi mobil listrik pertamanya dengan merek Apple Car.

Mobil yang dikembangkan oleh Apple itu, dijadwalkan akan diproduksi mulai 2024 mendatang di pabrik Kia di Georgia, Amerika Serikat. Pihak Apple berencana akan berinvestasi sekitar US$3,6 miliar atau senilai Rp50,4 triliun ke perusahaan produsen otomotif asal Korea Selatan itu.

(can/mik)
[Gambas:Video CNN]

Berita dengan kategori