Jangan Shock Ya, 6 Tanaman Hias Tumbuh dengan Segelas Air

Jangan Shock Ya, 6 Tanaman Hias Tumbuh dengan Segelas Air

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Beberapa orang mungkin masih sedikit asing dengan sebutan "water...

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa orang mungkin masih sedikit asing dengan sebutan "water propagation". Namun ini sebenarnya merupakan teknik menanam tanaman hias di dalam air untuk memperbanyak pertumbuhannya.

Biasanya, tanaman yang paling sering di-propagasi adalah kelompok sirih dan beberapa jenis philodendron seperti monstera andansonii, deliciousa maupun giant. Beberapa jenis tanaman begonia, juga bisa tumbuh dengan propagasi.


Lalu bagaimana dengan tanaman hias lain? Berikut adalah tanaman hias cantik yang mudah ditanam hanya dengan segelas air tanpa tanah.

1. Tulip

Banyak orang berpikir bahwa Tulip hanya dapat ditanam di kebun. Namun, ternyata anggapan itu tak sepenuhnya benar.

Anda dapat memiliki bunga yang indah ini tumbuh di dalam rumah. Melansir BrightSide, water propagation bisa menjadi salah satu tekniknya.
Umbi tulip bisa dimasukkan dalam segelas air. Tunggu beberapa hari untuk melihat akar-akarnya tumbuh.

2. Daun Mint

Tidak hanya untuk tambahan pada makanan, daun mint juga bisa dijadikan tanaman hias cantik. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menempatkan akarnya dalam air.
Namun Anda perlu mencari batang yang cukup kuat, biasanya berwarna agak gelap dan tebal. Ganti airnya setiap 2-3 hari sekali.

3. Sirih Gading

Sirih gading sudah sangat terkenal dengan ketahanannya. Tanaman ini juga bisa diperbanyak dengan propagasi.
Cari batang yang sudah mengeluarkan akar, pisahkan dan masukkan ke segelas air. Sirih gading dalam gelas bisa diletakkan di meja makan untuk pemanis ruangan.

Jangan Shock Ya, 6 Tanaman Hias Tumbuh dengan Segelas AirFoto: sirih gading
sirih gading

4. Monstera Deliciosa

Monstera deliciosa sering juga disebut Swiss Cheese Plant. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan teknik propagasi.

Caranya potong batang yang sudah memiliki simpul, tempat keluar akar lalu masukkan ke segelas air. Jangan lupa untuk kesehatan akar, air diganti beberapa hari sekali.

Jangan Shock Ya, 6 Tanaman Hias Tumbuh dengan Segelas AirFoto: Tanaman hias monstera koleksi Rosyid Ridho Pratidinal Jadid Foto: dok pribadi via Detikcom
Tanaman hias monstera koleksi Rosyid Ridho Pratidinal Jadid Foto: dok pribadi via Detikcom

5. Bambu Air

Memiliki daun yang agak bengkok berwarna abu-abu atau hijau yang bisa memiliki panjang hingga 23 sentimeter. Selain itu, tanaman hias air satu ini memiliki batang yang berdaging dan ini menjadi cara untuk membedakannya dengan tanaman bambu darat.

Tanaman ini pun disebut-sebut memiliki struktur yang kuat sehingga sulit dihancurkan. Propagasi bisa jadi cara untuk menumbuhkan tanaman ini.

6. Zamioculcas zamiifolia

Tanaman ini bisa diperbanyak dengan propagasi. Caranya sangat mudah, batang atau daunnya bisa dipotong lalu dimasukkan ke air.
Akar biasanya tumbuh sebulan kemudian. Setelahnya Anda bisa memasukkannya kembali ke tanah. Namun hati-hati, karena tanaman ini bisa menyebabkan alergi.

Jangan Shock Ya, 6 Tanaman Hias Tumbuh dengan Segelas AirFoto: ZZ (Zamioculcas Zamiifolia)
ZZ (Zamioculcas Zamiifolia)


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Berita dengan kategori