WHO Cemas Vaksin Saat Ini Tak Manjur Lawan Varian Baru COVID-19

WHO Cemas Vaksin Saat Ini Tak Manjur Lawan Varian Baru COVID-19

Terbaiknews - Copenhagen - Direktur Eropa untuk Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO cemas atas apakah vaksin...

, Copenhagen - Direktur Eropa untuk Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO cemas atas apakah vaksin COVID-19 akan terbukti efektif terhadap varian baru virus corona.

"Virus ini masih memiliki keunggulan di atas manusia," kata Direktur Eropa WHO Hans Kluge kepada kantor berita AFP pada Jumat 5 Februari 2021, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (6/2/2021).

Ditanya apakah vaksin yang tersedia sejak Desember 2020 akan efektif melawan varian baru COVID-19, dia dengan cemas menjawab: "Itu pertanyaan besar. Saya prihatin."

"Kita harus siap" untuk varian baru COVID-19, katanya, menyerukan negara-negara untuk memperluas kapasitas pengurutan genomik mereka, sebuah proses yang memetakan kode genetik virus.

Komentar Kluge muncul setelah Inggris, pemimpin global di bidang pengurutan genomik, mengatakan pada Kamis 4 Februari 2021 bahwa dunia sekarang menghadapi sekitar 4.000 varian virus yang menyebabkan COVID-19.

Ribuan strain telah didokumentasikan sebagai virus bermutasi, tetapi hanya minoritas yang cenderung mengubah virus dengan cara yang signifikan, menurut British Medical Journal.

Apa yang disebut varian Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil, misalnya, tampak menyebar lebih cepat daripada yang lain.

Namun, pendapat berbeda dikemukakakn oleh Nadhim Zahawi, menteri Inggris yang bertanggungjawab atas program vaksinasi. Ia mengatakan, "tidak mungkin vaksin saat ini tidak akan bekerja melawan varian baru."

"Semua produsen, Pfizer-BioNTech, Moderna, Oxford-AstraZeneca dan lainnya, sedang melihat bagaimana mereka dapat meningkatkan vaksin mereka untuk memastikan bahwa kami siap untuk varian apa pun - ada sekitar 4.000 varian di seluruh dunia COVID sekarang," katanya.

Apa yang disebut varian Inggris, yang dikenal sebagai VUI-202012/01, memiliki mutasi termasuk perubahan spike protein yang digunakan virus untuk mengikat reseptor ACE2 manusia --yang berarti mungkin lebih infeksius dibandingkan dengan strain virus corona COVID-19 sebelumnya.

Â

Â

**

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Berita dengan kategori