5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Tak menyenangkan rasanya ketika hidung mulai tersumbat,Ânapas pun...

Jakarta, CNN Indonesia --

Tak menyenangkan rasanya ketika hidung mulai tersumbat,Ânapas pun jadi tak bebas. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat.

Apa yang terjadi di dalam kepala saat hidung tersumbat?

"Hidung memiliki jaringan pembuluh darah yang luas dengan katup yang membuka dan menutup," kata Scott P. Stringer, profesor dan ketua otolaringologi dan ilmu komunikasi di University of Mississippi Medical Center di Jackson," dikutip dariÂEveryday Health.


Ketika hidung dirangsang oleh iritasi, sistem saraf juga terstimulasi, menyebabkan katup terbuka, yang mengakibatkan lebih banyak darah masuk ke hidung. Hal ini menyebabkan pembengkakan pada saluran hidung, yang membuat Anda sulit bernapas."

Berikut beberapa cara mengatasi hidung tersumbat dengan mudah dan aman, tanpa obat.

1. Air humidifier

Melawan pilek atau flu dapat membuat Anda merasa kering dan dehidrasi, sehingga banyak orang menggunakan humidifier atau vaporizer untuk meredakan sinus yang tersumbat.

"Kelembapan ekstra melalui humidifier bisa memberikan banyak kelegaan," kata Stringer.

Humidifier membantu memecah hidung tersumbat dengan menambahkan kelembapan ke udara, yang membantu mengencerkan lendir di hidung.

2. Minum teh atau makan sup hangat

Banyak orang mengatakan dengan meminum cairan, terutama cairan panas, dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Meskipun sangat penting untuk tetap terhidrasi - terutama saat Anda merasa tidak enak badan - efek cairan panas pada hidung tersumbat sebagian besar dapat dihubungkan dengan efek plasebo.

3. Makan atau cium aroma bawang putih

Bawang putih dipercaya memiliki khasiat anti jamur dan anti bakteri yang membuatnya berguna dalam mengatasi sejumlah masalah, termasuk yang berhubungan dengan hidung tersumbat.

4. Penguapan

Menghirup uap hangat bisa membantu mengatasi penyumbatan sinus dan menjaga kelembapan selaput lendir.

5. Minyak kayu putih

Mengutip Medical News Today, minyak kayu putih meredakan gejala hidung tersumbat. Ini juga dapat membantu membunuh kuman di dalam dan di sekitar saluran hidung yang berkontribusi pada infeksi sinus.

Anda dapat menggunakan minyak kayu putih dengan mengoleskannya ke kertas tisu dan menghirup aromanya. Cara meredakan hidung tersumbat dengan minyak kayu putih juga bisa dilakukan denganÂmenambahkannya ke air panas dan menghirup uapnya.

(chs)
[Gambas:Video CNN]
5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah Tak menyenangkan rasanya ketika hidung mulai tersumbat, napas pun jadi tak bebas. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat. ( iStockphoto/evrim ertik)

Berita dengan kategori