Tak Hanya Hiu dan Piranha, 7 Ikan Ini Juga Punya Deretan Tajam

Tak Hanya Hiu dan Piranha, 7 Ikan Ini Juga Punya Deretan Tajam

Terbaiknews - Ikan hiu dikenal sebagai salah satu ikan paling mematikan di dunia. Itu karena mereka memiliki...

Ikan hiu dikenal sebagai salah satu ikan paling mematikan di dunia. Itu karena mereka memiliki ratusan gigi tajam yang bisa dengan mudah mencabik-cabik mangsanya. Selain hiu, ikan piranha juga memiliki deretan gigi tajam. Maka tak heran jika hiu dan piranha adalah jenis ikan yang ditakuti banyak orang.

Namun sebenarnya masih banyak jenis ikan lain yang memiliki gigi tajam. Mengandalkan giginya, mereka merupakan predator yang tak kalah ganas dibanding hiu dan piranha. Mau tahu ikan apa saja? Ini dia 7 ikan dengan gigi tajam yang mengerikan.

1. Ikan harimauÂ

Tak Hanya Hiu dan Piranha, 7 Ikan Ini Juga Punya Deretan Tajamanimalplanet.com

Ikan harimu adalah sebutan untuk beberapa jenis ikan, salah satunya ikan dari genus Hydrocynus yang hidup di Afrika. Mereka mendapat sebutan ikan harimau karena giginya yang tajam dan besar. Terutama ikan harimau goliat (Hydrocynus goliath), spesies ikan harimau terbesar yang tampak pada foto di atas.

Ikan harimau goliat bisa mencapai panjang 6 meter dan berat 125 kg. Karena ukurannya yang besar, laman Animal Planet menyebut bahwa ikan ini gak takut pada buaya, dan bahkan bisa memangsa buaya berukuran kecil. Jika sampai menyerang manusia, gigi mereka yang mencapai panjang 2,5 cm bisa mengakibatkan luka serius pada korbannya!

2. Gar aligatorÂ

Tak Hanya Hiu dan Piranha, 7 Ikan Ini Juga Punya Deretan Tajamfrvta.org

Sementara ikan yang satu ini mendapatkan namanya karena penampilannya yang tampak seperti aligator. Mereka memiliki tubuh dan moncong panjang yang berisi deretan gigi tajam. Gar aligator (Atractosteus spatula) adalah spesies terbesar dari ikan gar, dan mereka bisa mencapai ukuran 3 meter dan berat lebih dari 150 kg.

Dilansir National Geographic, gar aligator menggunakan giginya yang tajam untuk memangsa ikan, kura-kura, kepiting, mamalia, dan bahkan burung. Gigitan mereka tentu bisa menyebabkan luka serius, tapi sejauh ini belum ada laporan serangan terhadap manusia. Ikan menakjubkan ini berhabitat alami di Amerika Utara dan Tengah.

3. Ikan serigalaÂ

Tak Hanya Hiu dan Piranha, 7 Ikan Ini Juga Punya Deretan Tajamoceana.org

Masih ada lagi jenis ikan yang dinamai berdasarkan nama hewan buas, yaitu ikan serigala. Gambar di atas adalah ikan serigala atlantik (Anarhichas lupus), yang dinamai berdasarkan gigi tajamnya yang mencuat keluar bahkan pada saat mereka menutup mulut. Bentuk tubuhnya yang panjang langsing membuat mereka juga kadang disebut belut serigala.

Laman Oceana menyebut bahwa gigi ikan serigala sangat kuat sehingga bisa mereka gunakan untuk memangsa hewan bercangkang keras seperti kepiting, siput, dan landak laut. Ikan serigala terkenal agresif, tapi mereka relatif tidak berbahaya bagi manusia dan hanya akan menggigit manusia jika diganggu.

4. Ikan viperÂ

Tak Hanya Hiu dan Piranha, 7 Ikan Ini Juga Punya Deretan Tajamdtc-wsuv.org

Berikutnya ada ikan viper (Chauliodus sloani), sejenis ikan mengerikan yang hidup di laut dalam sehingga jarang terlihat manusia. Ikan ini terkenal dengan giginya yang sangat besar untuk ukuran tubuhnya. Saking besarnya, laman Seasky menyebut bahwa ikan viper sampai gak bisa menutup mulutnya!

Diperkirakan, ikan viper menggunakan giginya yang tajam itu untuk menusuk mangsanya sambil berenang dengan kecepatan tinggi. Ikan ini hidup di lautan dengan kedalaman sekitar 1.500 meter, dan mereka bisa menghasilkan cahaya sendiri untuk mencari makanan di habitat mereka yang tak tembus cahaya matahari.

5. FangtoothÂ

Tak Hanya Hiu dan Piranha, 7 Ikan Ini Juga Punya Deretan Tajamscienceheathen.com

Ikan fangtooth secara harfiah berarti 'gigi taring', dan ikan ini mendapatkan sebutan itu karena gigi tajam yang mereka miliki. Ikan ini terdiri dari beberapa spesies dalam famili Anoplogastridae. Seperti ikan viper, mereka merupakan penghuni laut dalam, dan bahkan habitat mereka jauh lebih dalam lagi yaitu sekitar 5.000 meter di bawah permukaan laut.

Hidup di lingkungan yang sangat gelap, fangtooth harus bisa berburu dengan segala cara untuk bisa mendapat makanan. Mereka gak bisa menghasilkan cahaya sendiri, sehingg harus lebih mengandalkan penciumannya untuk mencari mangsa. Maka gigi mereka yang besar dan tajam berfungsi untuk memastikan mereka gak gagal menangkap mangsanya di tengah kegelapan yang pekat.

6. BarakudaÂ

Tak Hanya Hiu dan Piranha, 7 Ikan Ini Juga Punya Deretan Tajamdatacenterdynamics.com

Ikan barakuda adalah salah satu predator terhebat di lautan. Dilansir Oceana, kecepatan renang barakuda besar (Sphyraena barracuda) bisa mencapai 58 km/jam, cocok untuk mengejar mangsa. Mereka juga memiliki dua baris gigi tajam yang bisa merobek-robek tubuh mangsanya dengan mudah.

Ukuran barakuda besar juga cukup mengintimidasi, dengan panjang hingga 1,5 meter dan bert 45 kg. Karena itu ikan ini tak punya banyak predator alami di lautan. Mereka bisa menggigit manusia, tapi hal itu sangat jarang dan biasanya hanya terjadi karena mereka diganggu.

7. PayaraÂ

Tak Hanya Hiu dan Piranha, 7 Ikan Ini Juga Punya Deretan Tajamanglersjournal.com

Last but not least, ada ikan payara (Hydrolycus scomberoides), ikan predator yang hidup di Sungai Amazon. Coba perhatikan gambar di atas, besar banget ya gigi di rahang bawah mereka! Ikan ini tergabung dalam subfamili Cynodontinae yang secara harfiah berarti 'gigi anjing'. Bahkan mereka kadang disebut juga ikan vampir karena giginya yang besar dan tajam itu.

Yang lebih luar biasa lagi adalah menu makanan ikan ini. Payara biasa memangsa ikan yang berukuran lebih kecil, dan salah satu mangsa utama mereka adalah ikan piranha! Menggunakan taringnya yang mencapai 15 cm, payara bisa menangkap piranha dengan cara menusuknya. Jelas, ikan yang cukup tangguh untuk memangsa piranha pasti adalah ikan predator yang menakjubkan!

Tujug jenis ikan di atas adalah bukti bahwa ikan dengan gigi tajam bukan hanya hiu dan piranha saja. Kalau menurutmu, yang mana yang giginya tampak paling mengerikan?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.