Ketahui 6 Bau yang Paling Dibenci Kucing, Cat Lovers Wajib Paham!

Ketahui 6 Bau yang Paling Dibenci Kucing, Cat Lovers Wajib Paham!

Terbaiknews - Kucing adalah hewan yang sangat bersih dan senang mengamati berbagai hal. Karenanyamereka akan...

Kucing adalah hewan yang sangat bersih dan senang mengamati berbagai hal. Karenanya, mereka akan mengendus semua hal, entah itu benda, binatang, atau bahkan manusia. Kucing memiliki hidung yang sangat sensitif, bahkan sedikit bau yang tidak sedap saja dapat membuat mereka mundur.

Kamu perlu berhati-hati dalam menaruh berbagai benda, karena bisa saja benda tersebut dibenci dan mengganggu kenyamanan kucing. Dilansir AnimalWised dan Love to Know, inilah bau yang tidak disukai kucing.

1. Jeruk

Ketahui 6 Bau yang Paling Dibenci Kucing, Cat Lovers Wajib Paham!unsplash.com/Bruna Branco

Kucing sangat membenci bau jeruk dan akan menghindari area yang terdapat bau jeruk. Kamu dapat memanfaatkan ini untuk menjauhkan kucing dari area tertentu.

Taruh kulit jeruk di sekitar taman atau area lain untuk menjauhkan kucing, juga beri paparan aroma jeruk pada perabotan yang kamu ingin agar tidak digaruk kucing.

Meskipun dibenci kucing, tapi jeruk sebenarnya aman jika termakan kucing. Tetapi, kulit dan bagian lain dari tanaman jeruk dapat menyebabkan muntah, diare, atau dermatitis.

2. Litter box kotor

Ketahui 6 Bau yang Paling Dibenci Kucing, Cat Lovers Wajib Paham!unsplash.com/Litter Robot

Litter box yang kotor adalah salah satu bau yang paling dibenci kucing. Dalam keadaan apa pun, kucing tidak ingin mendekatinya. Jika litter box mereka sudah lama tidak dibersihkan, kucing mungkin akan memberontak dan mulai buang air di tempat lain yang kurang sesuai.

Jadi, jangan lupa sediakan kotak litter box yang cukup untuk mereka. Juga, pastikan litter box tersebut dibersihkan secara rutin.

3. Ikan busuk

Ketahui 6 Bau yang Paling Dibenci Kucing, Cat Lovers Wajib Paham!Unsplash.com/Alejandro Duarte

Sama seperti manusia, kucing membenci semua makanan yang kedaluwarsa. Jadi, alangkah baiknya kamu tidak memberikan ikan yang sudah busuk pada kucing.

Juga, pastikan tempat sampah di rumahmu tertutup sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap dan mengganggu kucing. Sebab, kucing memiliki indra penciuman yang jauh lebih tajam dibandingkan dengan manusia.

4. Kucing lain

Ketahui 6 Bau yang Paling Dibenci Kucing, Cat Lovers Wajib Paham!pixabay.com/AdinaVoicu

Kucing tidak begitu bermasalah dengan bau kucing lain yang mereka kenal, seperti anak atau kucing lain yang telah lama ada di dalam rumah. Tapi, bau kucing baru di dalam rumah dapat membuat kucing benci dan gelisah.

Lebih buruk lagi, bau kucing baru bisa menyebabkan kucing lama buang air di berbagai tempat di dalam rumah. Tentu saja, ini akan menyebabkan rumah penuh dengan bau yang tidak disukai siapa pun.

5. Minyak esensial

Ketahui 6 Bau yang Paling Dibenci Kucing, Cat Lovers Wajib Paham!pixabay.com/Dimhou

Kucing menyukai tanaman dan dapat berinteraksi dengan sebagian besar bunga dan tanaman tanpa masalah. Namun, karena kucing memiliki indra penciuman yang tajam, kucing bermasalah dengan tanaman dan bunga yang memiliki minyak esensial.

Minyak esensial memiliki aroma yang terlalu kuat dan dapat menyebabkan reaksi yang cukup parah pada kucing. Belum lagi, fakta bahwa ada beberapa tumbuhan yang bisa bersifat beracun bagi kucing. Jadi, sebaiknya kamu menjauhkan beberapa jenis tanaman dari jangkauan kucing.

6. Pembersih rumah tangga

Ketahui 6 Bau yang Paling Dibenci Kucing, Cat Lovers Wajib Paham!pixabay.com/Michael-T

Kucing tidak menyukai bau dari bahan kimia yang digunakan dalam berbagai produk rumah tangga. Ini termasuk sabun dan penyegar udara.

Ini lantaran bahan kimia dalam pembersih ini terlalu kuat untuk hidung kucing yang sensitif, sehingga kucing akan menjauhinya. Karenanya, penting untuk tidak sembarangan menyemprotkan pewangi atau menggunakan pembersih berbau tajam pada berbagai barang-barang milik kucing, seperti litter box, kandang, kasur, dan tempat makan.

Dengan mengetahui bau apa saja yang tidak disukai kucing, harapannya kamu jadi tahu apa saja yang perlu dijauhkan dari jangkauan kucing. Juga, bau-bauan ini bisa dimanfaatkan untuk menjauhkan kucing dari area tertentu di rumah tanpa menyakiti mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.