Target Asnawi: 2022 Main di Divisi Teratas Korea, 2023 Main di Eropa

Target Asnawi: 2022 Main di Divisi Teratas Korea, 2023 Main di Eropa

Terbaiknews - Asnawi Mangkualam sedang menjalani masa karantina di Korea Selatan. Dia bermain untuk Ansan Greeners FC. (Instagram/Asnawi Mangkualam)

JawaPos.com-Asnawi Mangkualam punya kans bermain di level elite kompetisi luar negeri. Asnawi saat ini tercatat sebagai pemain klub divisi kedua Liga Korea Selatan Ansan Greeners FC.

Dan, saat ini, Asnawi sudah menjalani masa karantina mandiri di penginapan. Artinya, sepuluh hari lagi dia bakal diperkenalkan kepada fans Ansan sebagai amunisi baru.

Asnawi menyadari tingginya perhatian publik tanah air seputar pemberitaan dirinya. Apalagi, dia adalah pemain pertama Indonesia yang bermain di Korsel. ’’Saya di sini juga dicoba. Kontrak setahun dulu, kalau berkembang ada opsi perpanjangan setahun lagi,’’ paparnya.

Mantan pemain PSM Makassar itu menyadari beratnya perjuangan merebut tempat di skuad Ansan. ’’Apalagi, di Indonesia sudah setahun saya tidak bertanding. Jadi, saya di sini mempersiapkan mental dulu. Kalau mental bagus, baru harus lebih kerja keras lagi,’’ paparnya.

Beruntung, Ansan memberikan segala fasilitas agar pemain 21 tahun itu bisa mengembalikan kondisi fisiknya. Selain suplai makanan sehat setiap hari yang disediakan di depan pintu kamar karantina, klub berjuluk Green Wolves itu juga memberikan fasilitas alat-alat gym di dalam kamar karantinanya.

’’Saya latihan setiap hari. Juga kadang baca-baca kamus biar bisa sedikit-sedikit komunikasi,’’ katanya.

Meski baru empat hari di Korsel, Asnawi merasa cukup nyaman. Apalagi, beberapa rekan pelatih Indonesia Shin Tae-yong sudah siap membantunya beradaptasi.

’’Beberapa WNI di sini juga mau bantu. Saya semakin termotivasi, terutama untuk coach Shin Tae-yong. Saya tidak ingin kecewakan dia,’’ tuturnya.

Asnawi pun berani berbicara target karirnya di luar negeri saat ini. Dia berharap tahun depan bisa bermain di K League 1. Entah membawa Ansan Greeners promosi atau pindah klub. ’’Ini jadi batu loncatan saya dulu,’’ ungkapnya.

Nah, jika berhasil tembus di K League 1, Asnawi berharap ada langkah maju lagi di tahun depannya. Tepatnya pada 2023. Apa itu? Dia ingin berkarir di Eropa. ’’Jadi, tiga tahun ini saya ingin habiskan karir di luar negeri,’’ ucapnya.

Berita dengan kategori