Pemerintah Targetkan Holding BRI-Pegadaian-PNM Bisa Jangkau 29 Juta Usaha Ultramikro

Pemerintah Targetkan Holding BRI-Pegadaian-PNM Bisa Jangkau 29 Juta Usaha Ultramikro

Terbaiknews - - Pemerintah menargetkan bisa menjangkau 29 juta usaha berskala ultra mikro pada 2024 usai...

, - Pemerintah menargetkan bisa menjangkau 29 juta usaha berskala ultra mikro pada 2024 usai membentuk holding ultramikro. Holding ini rencananya akan menggabungkan tiga BUMN.

Ketiganya yakni PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Pesero) atau PNM, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Nantinya, BRI akan menjadi induk yang membawahi Pegadaian dan PNM.

Dengan Holding Ultramikro, Pegadaian Bisa Hemat Rp 400 Miliar per Tahun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini nasabah pelaku usaha ultramikro perusahaan pelat merah baru mencapai 15 juta.

Sehingga diharapkan melalui holding bisa semakin banyak menjangkau usaha ultramikro, khususnya yang belum mendapatkan layanan keuangan formal.

"Tahun 2024 diharapkan naik menjadi 29 juta dari 15 juta usaha kecil yang bisa dilayani, dan tentu ini ditingkatkan melalui cost of fund yang lebih murah dan kompetitif," ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (8/2/2021).

Menurut dia, akses permodalan menjadi salah satu kendala yang dihadapi sebagian besar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Khususnya bagi ultramikro yang berkontribusi 98 persen terhadap UMKM di Indonesia.

Holding BUMN Baterai Listrik Akan Terbentuk Semester Pertama 2021

Sri Mulyani mengatakan, sebanyak 65 persen dari 54 juta UMKM yang ada di Indonesia belum terlayani lembaga keuangan formal.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan peningkatan lembaga keuangan milik pemerintah untuk bisa menjangkau para pelaku UMKM tersebut.

Berita dengan kategori