IHSG Diprediksi Menguat Sepekan ke Depan, Ini Sentimennya

IHSG Diprediksi Menguat Sepekan ke Depan, Ini Sentimennya

Terbaiknews - – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepekan ke depan diprediksi akan menguat.Akhir pekan...

, – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepekan ke depan diprediksi akan menguat.

Akhir pekan ini, IHSG ditutup menguat 0,73 persen di level 6.151,72.

Direktur Utama PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, beberapa sentimen positif membayangi pergerakan IHSG dalam sepekan.

Investor Apresiasi Komitmen Pemerintah, IHSG Ditutup Hijau

Sentimen utamanya adalah optimisme paket stimulus fiskal besar Amerika Serikat di tengah meningkatnya yield US treasury dan indeks dollar AS.

“Meningkatnya Yield US Treasury dan Indeks dollar mendorong minat akan asset berisiko di pasar negara berkembang termasuk Indonesia. IHSG berpeluang konsolidasi menguat,” kata Hans, Minggu (7/2/2021).

RUU stimulus fiskal Covid-19 senilai 1,9 triliun dollar AS yang di usulkan pemerintah Joe Biden mendapatkan momentum, setalah Dewan Perwakilan Rakyat AS menyepakati besaran anggaran yang akan memungkinkan partai Demokrat mendorong paket bantuan tersebut melalui Kongres.

Namun, paket ini memang mendapat tentangan politisi partai Republik yang mengusulkan paket stimulus fiskal yang lebih moderat senilai 618 miliar dollar AS yang mencakup cek stimulus yang baru sebesar 1.000 dollar AS per orang.

Sentimen selanjutnya yang membayangi IHSG sepekan, adalah indeks dollar AS berada dalam tren kenaikan akibat imbal hasil US Treasury jangka panjang yang menguat.

Yuk Kenalan dengan Pompom Saham, Aturan dan Risikonya

Yield US Treasury jangka panjang menguat karena pelaku pasar memposisikan diri untuk paket bantuan pandemi jumbo dari Washington dan pasar tenaga kerja AS yang stabil.

Bursa Wall Steet juga mengalami kenaikan terdorong oleh faktor kinerja pertumbuhan laba korporasi pada kuartal ke empat tahun 2020.

Berita dengan kategori