WNI Dilarang Masuk Arab Saudi hingga  Bupati di NTT Warga AS

WNI Dilarang Masuk Arab Saudi hingga  Bupati di NTT Warga AS

Terbaiknews - JakartaIDN Times -Pemerintah Arab Saudi kembali memberlakukan larangan untuk warga asing dan...

Jakarta, IDN Times -Pemerintah Arab Saudi kembali memberlakukan larangan untuk warga asing dan diplonat dari 20 negara, termasuk Indonesia. Larangan itu berlaku mulai Rabu (3/2/2021) malam.

Selain kebijakan Arab Saudi yang beralasan untuk menekan penularan COVID-19, soal Ketua Staf Presiden Moeldoko yang disebut-sebut mau mengkudeta Partai Demokrat juga masih ramai diperbincangkan. Ada juga soal Bupati Sabu Raijua, NTT, Orient P Riwu Kore, yang disebut masih sebagai warga Amerika Serikat.

1. Moeldoko kembali membantah dikaitkan dengan upaya kudeta Partai Demokrat

WNI Dilarang Masuk Arab Saudi hingga  Bupati di NTT Warga ASKetua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ketika memberikan keterangan pers pada 1 Februari 2021 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko kembali membantah terkait tudingan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menyebut dirinya akan mengambil alih Partai Demokrat. Menurut Moeldoko, tudingan tersebut seperti 'dagelan' atau lucu-lucuan saja.

"Janganlah apa itu membuat itu sesuatu itu ini kayak dagelan aja gitu, lucu-lucuan aja gitu. Moeldoko mau kudetalah, kudeta apaan kudeta," kata Moeldoko. Selengkapnya ada di sini.

2. Ambil bansos di kantor pos tak perlu lagi bawa KTP, cukup scan wajah

WNI Dilarang Masuk Arab Saudi hingga  Bupati di NTT Warga ASIlustrasi pemberian bantuan. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Kementerian Sosial akan menerapkan sistem pemindai wajah atauface recognitionuntuk warga yang akan mengambil bansos tunai (BST) di PT Pos.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama menjelaskan, pihaknya menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan petugas mengidentifikasi keluarga penerima manfaat bansos tersebut.

3. Bupati terpilih Sabu Raijua ternyata warga AS

WNI Dilarang Masuk Arab Saudi hingga  Bupati di NTT Warga ASBupati terpilih Sabu Raijua, Orient P. Riwu Kore (Facebook.com/Drs Orient P Riwu Kore Ir Thobias Uly)

Kepolisian daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini sedang mendalami dugaan pidana dalam isu Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient Riwu, yang belakangan diketahui ternyata warga negara Amerika Serikat. Konfirmasi bahwa Orient warga Negeri Paman Sam disampaikan oleh Kedutaan AS di Jakarta dalam surat yang ditujukan kepada Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua, NTT.

Hasil akhir dari pendalaman itu, ujar Rishian, akan diputuskan apakah ada dugaan pelanggaran pidana dalam peristiwa tersebut.

4. Alat tes COVID-19 GeNose mulai 5 Februari dipakai di dua stasiun

WNI Dilarang Masuk Arab Saudi hingga  Bupati di NTT Warga ASLaunching GeNose di Stasiun Pasar Senen (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Alat penyaringan (screening) GeNose mulai Jumat, 5 Februari 2021 siap digunakan oleh penumpang kereta api jarak jauh. Kementerian Perhubungan akan menempatkan GeNose di dua stasiun yaitu Stasiun Senen, Jakarta dan Stasiun Tugu, Yogyakarta mulai Jumat, 5 Februari 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ke depan penggunaan GeNose akan ditambah di titik-titik stasiun lainnya. Detailnya ada di link ini.

5. Arab Saudi larang masuk warga asing dari 20 negara, Indonesia termasuk

WNI Dilarang Masuk Arab Saudi hingga  Bupati di NTT Warga ASJemaah umrah di Masjidil Haram, Makkah. IDN Times/Mela Hapsari

Arab Saudi telah menangguhkan sementara masuknya warga asing dari 20 negara ke negeri tersebut dengan alasan untuk menekan penyebaran COVID-19. Indonesia termasuk.

Kabar tersebut dilaporkan Kantor Pers Saudi, mengutip sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri, pada hari Selasa (2/2/2021). Larangan berlaku mulai Rabu malam waktu setempat. Lihat daftar 20 negara di sini.

Berita dengan kategori