Vaksin Produksi Bio Farma Hasil Kerja Sama dengan Sinovac Siap Dipakai

Vaksin Produksi Bio Farma Hasil Kerja Sama dengan Sinovac Siap Dipakai

Terbaiknews - - Pemerintah akan segera menggunakan vaksin Covid-19 produksi PT Bio Farma (Persero) hasil kerja...

, - Pemerintah akan segera menggunakan vaksin Covid-19 produksi PT Bio Farma (Persero) hasil kerja sama dengan Sinovac.

Kini Bio Farma tengah mengolah 15 juta dosis bahan baku vaksin yang telah didatangkan ke Tanah Air

"Saat ini ada vaksin yang sedang diproduksi Biofarma dalam bentuk bahan mentah dan akan menjadi vaksin jadi," ujar Juru Bicara Vaksin dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id, Senin (1/2/2021).

Sebagai informasi, sebelumnya Indonesia juga telah mendatangkan 3 juta dosis vaksin Sinovac siap pakai. Vaksin tersebut digunakan untuk pelaksanaan program vaksinasi bagi 1,5 juta lebih tenaga kesehatan yang menjadi target pertama.

Adapun satu orang yang divaksin mendapatkan dua dosis suntikan jika menggunakan vaksin produksi Sinovac.

Setelah tenaga kesehatan, vaksinasi dilanjutkan kepada pekerja di sektor publik. Oleh karena itu vaksin buatan Bio Farma akan digunakan sambil menunggu vaksin lainnya tiba untuk mencukupi kebutuhan vaksinasi tahap pertama hingga kedua.

"Jadi ini (penggunaan vaksin produksi Bio Farma) sambil kita menunggu pengiriman berikutnya yang akan tiba," tutur Siti.

Pengiriman vaksin Covid-19 dilakukan secara bertahap. Indonesia telah mengamankan sejumlah vaksin untuk mencapai target 182,5 juta orang guna mencapai ketahanan komunal atau herd immunity.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya mengungkapkan telah mengamankan 125 juta dosis vaksin Sinovac. Selain itu ada pula vaksin dari produsen lainnya seperti Pfizer, AstraZeneca, dan Novavax.

Budi menargetkan vaksinasi bagi tenaga kesehatan selesai pada akhir Februari. Vaksinasi untuk masyarakat juga akan diberikan pada tahun ini.

"Diharapkan di akhir April atau pertengahan April kita sudah mulai membuka terhadap seluruh penduduk Indonesia untuk dilakukan vaksinasi," kata Budi.

Artikel ini telah tayang diKontan.co.iddengan judulTunggu Vaksin Lain Tiba, Vaksin Produksi Biof Farma Siap Dipakai

Berita dengan kategori