Temui Kapolri, Menpora Minta Izin Liga I Tetap Digelar

Temui Kapolri, Menpora Minta Izin Liga I Tetap Digelar

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menemui Kapolri Jenderal Polisi...

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menemui Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Senin (8/2/2021). Mereka membahas tentang kegiatan kepemudaan dan keolahragaan dalam masa pandemik COVID-19. Salah satunya gelaran Liga I.

“Masyarakat sekarang merindukan kegiatan keolahragaan supaya bisa bergulir kembali, tapi kita juga harus paham bahwa situasi sekarang ini tidak mudah, (yakni) upaya pemerintah untuk mengatasi penyebaran COVID-19,” ucap Zainudin, Senin (8/2/2021).

1. Kemenpora akan lakukan persiapan lebih mendalam

Temui Kapolri, Menpora Minta Izin Liga I Tetap DigelarMenpora Zainudin Amali temui Kapolri Jendral Listyo Sigit bahas Liga I di Mabes Polri, Senin (8/2/2021) (Dok. Humas Polri)

Zainudin menuturkan, kondisi di tengah pandemik membuat kegiatan keolahragaan dan kepemudaan tidak mudah berjalan. Meski begitu, pihaknya akan melakukan persiapan lebih mendalam.

“Bagaimanapun kegiatan itu tetap harus kami komunikasikan dan koordinasikan dengan pihak Mabes Polri, karena sekarang kita sadari bahwa situasi kita masih posisi mengatasi pandemik COVID-19.

Zainudin menegaskan, terkait kegiatan kepemudaan dan keolahragaan nantinya Kemenpora akan mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“Maka saya sampaikan ke Pak Kapolri untuk cari jalan keluar yang terbaik. Penerapan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat. Tetapi kegiatan masyarakat khususnya di bidang pemuda dan olahraga itu tetep bisa berjalan,” ujarnya.

2. Menpora dan Kapolri akan bertemu lagi bahas teknis yang lebih detail

Temui Kapolri, Menpora Minta Izin Liga I Tetap DigelarMenpora Zainudin Amali temui Kapolri Jendral Listyo Sigit bahas Liga I di Mabes Polri, Senin (8/2/2021) (Dok. Humas Polri)

Salah satu kesepakatan lainnya, kata Zainudin, yakni Menpora dan Kapolri akan bertemu kembali untuk membahas teknis yang lebih detail.

“Tentunya teman media tahu masyarakat merindukan kegiatan olahraga supaya bisa bergulir kembali. Tetapi kita juga harus paham bahwa situasi saat ini tidak mudah, supaya pemerintah untuk segera atasi penyebaran COVID-19 harus kita dukung, maka kami diskusi,” ujar dia.

Sementara itu, Jenderal Sigit mengaku memahami kegiatan keolahragaan dan kepemudaan di beberapa negara telah dilaksanakan kembali.

“Kami membuka ruang untuk dibicarakan lebih lanjut terkait dengan hal-hal yang perlu disiapkan, baik yang bersifat administrasi, mengutamakan penegakan aturan protokol kesehatan,” kata Sigit.

Karena itu diperlukan kesepakatan dua pihak, dan jika dilanggar maka berimbas kepada pelaksanaan kegiatan kepemudaan dan keolahragaan.

3. PT LIB akan mengadakan pertandingan simulasi dan turnamen pra musim

Temui Kapolri, Menpora Minta Izin Liga I Tetap DigelarPersebaya saat menghadapi PSM Makassar.Dok. Istimewa (Persebaya.id)

Maret tahun lalu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memutuskan bahwa kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dalam status keadaan tertentu darurat bencana COVID-19. Karena itu tidak ada kompetisi hingga kini.

Pada 4 Februari, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI kembali berkoordinasi guna membahas persiapan kompetisi baru musim 2021. Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menyatakan, pihaknya akan mengadakan pertandingan simulasi dan turnamen pra musim, dengan penerapan protokol kesehatan di lapangan.

Berita dengan kategori