Tak Temukan Narkoba, Petugas Hanya Dapat HP dan Rol Kabel Listrik

Tak Temukan Narkoba, Petugas Hanya Dapat HP dan Rol Kabel Listrik

Terbaiknews - Ilustraso: Petugas Lapas saat melakukan razia (Dok.Jawa Pos Group)

JawaPos.com – Petugas lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bangkinang bersama Badan Narkotika Kabupaten Kampar, Riau melakukan razia dalam rangka mengantisipasi peredaran narkoba di dalam Lapas. Razia ini dilakukan pada (6/2) hingga Minggu (7/2) dini hari.

“Hasil operasi tersebut, petugas gabungan tidak menemukan sama sekali barang terlarang sejenis narkotika. Namun, petugas menemukan sejumlah barang yang dianggap tak boleh berada di tempat tersebut seperti handphone dan rol kabel listrik,” kata Kepala Lapas Kelas II A Bangkinang, Sutarno dalam keterangannya, Minggu (7/2).

Menurut Sutarno, kegiatan penggeledahan atau razia sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan di kamar hunian narapidana. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan dan mempersempit celah peredaran narkoba di dalam kamar hunian narapidana.

”Tujuannya, kita ingin memastikan dan mempersempit di dalam kamar hunian tak ada barang yang bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif oleh para narapidana seperti handphone, narkoba atau barang terlarang lainnya,” tegas Sutarno.

Hasil penggeledahan yang dilakukan, sambung Sutarno, petugas berhasil menemukan sejumlah barang-barang yang dilarang diantaranya sejumlah handphone, handset dan rol kabel listrik.

”Kami selalu berkomitmen dan kerja sama bersama jajaran Polres Kampar serta BNK Kampar untuk memberantas peredaran narkoba dan tidak boleh membawa barang terlarang ke dalam lapas,” ujar mantan Kalapas Kelas IIB Singaraja ini.

Razia Antisipasi Narkoba di Rutan Surakarta, Temukan Barang Terlarang

Selain razia atau penggeledahan ke kamar narapidana, lanjut Sutarno, pihaknya juga melakukan tes urine untuk seluruh pegawai Lapas Kelas II A Bangkinang. Tes ini juga dilakukan untuk memperkuat komitmen petugas dalam memerangi peredaran narkoba.

”Tidak ada toleransi bagi pegawai yang tertangkap menggunakan atau terlibat dalam jaringan peredaran narkoba. Selain dicopot jabatannya secara tidak hormat, akan memberlakukan proses hukum pada siapapun yang terlibat narkoba. Itulah bukti keseriusan kami disini,” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori