Survei: Bahagia Bersama Pasangan Bisa Sebabkan Naiknya Berat Badan

Survei: Bahagia Bersama Pasangan Bisa Sebabkan Naiknya Berat Badan

Terbaiknews - ILUSTRASI. Sebuah penelitian tentang pengantin baru yang sedang dalam suasana hati bahagiamengungkapkan bahwa kenaikan berat badan mereka lebih tinggi. (Deposit Photos)

– Momen romantis bisa dilakukan berdua dengan pasangan termasuk makan atau wisata kuliner. Apalagi jika keduanya punya hobi yang sama yakni mencicipi aneka makanan arau camilan. Ternyata kebiasaan itu bisa menyebabkan kenaikan berat badan pada banyak pasangan.

Terungkap dalam sebuah survei menunjukkan bahwa menjalin hubungan dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan seseorang. Apapun itu, kesehatan tidak boleh dikorbankan demi cinta. Menurut Healthline, pasangan yang baru menikah lebih mungkin mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang sudah menikah terlalu lama.

Sebuah studi terhadap lebih dari 8 ribu orang menemukan bahwa perempuan mendapatkan rata-rata sekitar 12 kilogram selama lima tahun pertama pernikahan. Lalu saat pasangan menjalin hubungan tetapi hidup terpisah bertambah 7,5 kilogram. Studi tersebut menyimpulkan bahwa hidup bersama meningkatkan risiko obesitas baik bagi pria maupun perempuan.

Sementara itu, sebuah penelitian tentang pengantin baru yang sedang dalam suasana hati bahagia, mengungkapkan bahwa kenaikan berat badan mereka lebih tinggi. Para peneliti menyimpulkan bahwa pasangan bahagia ini cenderung mengalami kenaikan berat badan seperti dilansir dari Science Times, Senin (8/2).

Para peneliti mengatakan bahwa ada korelasi positif antara obesitas dan perubahan status hubungan dari lajang atau pacaran, menjadi menikah atau tinggal bersama. Mereka mencatat bahwa perempuan cenderung menjadi gemuk setelah setahun setelah tinggal bersama pasangan sementara risiko pria meningkat dalam dua tahun. Ini disebut konkordansi. Ada kemungkinan 37 persen pasangan lain juga akan mengalami obesitas saat salah satu pasangan mengalami obesitas.

Shape.com telah mengidentifikasi enam cara efektif untuk menghindari perolehan hubungan untuk menyelamatkan Anda dari risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Hubungan kenaikan berat badan terjadi pada banyak pasangan karena mereka cenderung melakukan lebih banyak hal bersama. Maka, ubahlah pola hidup dan kencan Anda bersama pasangan agar tidak memicu obesitas.

1. Ubah Pola Kencan Malam

Daripada pergi ke resto dikelilingi oleh minuman berkalori tinggi, cobalah untuk mengundang pasangan ke kelas yoga favorit atau pergi ke gym.

2. Makan Makanan Sehat

Profesor ilmuwan nutrisi Dr. David Levitsky mengatakan memasak di rumah daripada makan di luar dapat menghemat setidaknya 250 kalori per makanan. Ikan juga merupakan hidangan terbaik karena rendah kalori dibandingkan daging lainnya.

3. Kontrol Camilan

Ngemil bisa menambah berat badan. Jadi cobalah untuk memilih pilihan yang sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sumber protein sehat lainnya.

4. Olahraga

Pasangan harus berolahraga bersama dan harus punya tekad hidup sehat yang sama.

5. Libatkan Keluarga

Ketika mengidam makana tidak bisa dihindari, maka pasangan harus sadar dan berpartisipasi aktif dalam memilih makanan sehat.

6. Jalin Kemesraan

Studi menunjukkan bahwa mereka yang menikah bahagia cenderung tidur nyenyak dan bisa menjaga berat badan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori