Simak, Gunting Tali Masker Sekali Pakai Sebelum Dibuang, Ini Alasannya

Simak, Gunting Tali Masker Sekali Pakai Sebelum Dibuang, Ini Alasannya

Terbaiknews - KOMPAS.com - Masker menjadi salah satu item wajib yang harus dipakai ketika beraktivitas di luar...

KOMPAS.com - Masker menjadi salah satu item wajib yang harus dipakai ketika beraktivitas di luar rumah selama pandemi Covid-19.

Sebab masker dianjurkan banyak ahli karena efektif untuk melindungi diri dari paparan virus corona yang penyebarannya terjadi melalui droplet dan bisa berupa aerosol.

Meskipun demikian, banyak pengguna masker sekali pakai yang membuang limbah masker tanpa menggunting tali karetnya. Sehingga hal itu menjadi bencana bagi sejumlah hewan.

Satwa Liar Hadapi Ancaman Limbah Masker Sekali Pakai

Membahayakan hewan

Seperti peristiwa di Essex, Inggris, di mana seekor burung camar ditemukan kesulitan berjalan akibat kedua kakinya terlilit tali elastis sebuah masker medis sekali pakai.

"Jelas masker itu ada di sana selama beberapa waktu dan tali elastisnya telah mengencang di kakinya, itu menyebabkan persendiannya bengkak dan sakit," kata salah satu petugasRoyal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA), Adam Jones, dikutip dari The Pacer, (3/9/2020).

Hal itu diketahui dari kesaksian seorang karyawan showroom mobil di dekat lokasi.

Ia menyebut seminggu sebelumnya telah melihat burung itu kesulitan berjalan, namun setiap kali didekati untuk melihat apa yang terjadi, camar itu selalu terbang dan pergi.

Hingga kemudian, burung itu kembali datang, dan kali itu ia tidak bergeming dari tempatnya saat didekati.

Staf itu pun langsung membawanya ke South Essex Wildlife Hospital untuk ditangani oleh dokter hewan, mengutip heart.co.uk (4/9/2020).

Pihak rumah sakit menyebutkan kejadian hewan terperangkap dalam masker dan sarung tangan plastik sudah kerap kali mereka temui. Misalnya pada rubah dan landak.

Masker Duckbill, Efektivitasnya Cegah Covid-19 dan Cara Merawat Limbah Masker

Berita dengan kategori