Selain Covid-19, Komisi III Minta Pemerintah Siaga dalam Penanggulangan Bencana

Selain Covid-19, Komisi III Minta Pemerintah Siaga dalam Penanggulangan Bencana

Terbaiknews - KOMPAS.com – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Habib Aboe...

KOMPAS.com – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengimbau, pemerintah harus siaga dalam menanggulangi bencana di Indonesia.

“Terutama menyediakan sarana dan prasarana (sarpas) dan tata kelola untuk mengatasi banjir dan musibah lainnya,” ujarnya dalam kunjungan kerja spesifik di Kalimantan Selatan ( Kalsel), Kamis (4/2/2021).

Alhabsyi mengungkapkan, musibah pokok yang sedang dihadapi sebenarnya adalah pandemi Covid-19.

Namun, musibah lain juga datang silih berganti, seperti gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) dan beberapa bencana alam di daerah lainnya.

Pimpinan DPR Harap SKB 3 Menteri soal Seragam Sekolah Segera Diimplementasikan

“Ini merupakan tugas yang cukup berat. Apalagi, bencana ini terjadi di masa pandemi Covid-19,” kata Alhabsyi, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Maka dari itu, lanjut dia, dana emergency (darurat) harus menjadi perhatian penuh pemerintah. Termasuk semua hal yang menyangkut kepedulian dan hak sosial rakyat,

Pasalnya, para korban bencana masih membutuhkan dukungan bahan pokok untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu ada perhatian khusus dari pemerintah pusat maupun daerah mengenai hal ini.

"Saya minta pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) terus memberikan program dukungan,” imbuh legislator daerah pemilihan (Dapil) Kalsel ini.

Postur Anggaran Pendidikan Capai Rp 550 Triliun, DPR Ingin PJP 2020-2035 Dipertajam

Adapun dukungan tersebut, baik dalam bentuk logistik maupun kesehatan untuk menolong warga yang tertimpa musibah, terutama korban bencana Kalsel.

“Secara khusus, saya minta Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalsel agar menerjunkan personilnya guna membantu penanganan banjir,” pinta politisi Fraksi-PKS ini.

Berita dengan kategori