Satgas Covid-19 Bubarkan Kegiatan Adu Ketangkasan Domba Garut

Satgas Covid-19 Bubarkan Kegiatan Adu Ketangkasan Domba Garut

Terbaiknews - Petugas menghentikan kegiatan adu ketangkasan domba di Kecamatan Tarogong KalerKabupaten GarutJawa BaratMinggu (31/1). (Polres Garut/Antara)

–Sejumlah personel kepolisian, TNI, dan aparatur kecamatan yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanganan Covid-19, menghentikan dan membubarkan kegiatan adu ketangkasan domba di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan karena menimbulkan kerumunan orang.

Kepala Bagian Humas Polres Garut Ipda Muslih Hidayat membenarkan jajaran kepolisian dibantu TNI membubarkan kerumunan orang dalam kegiatan adu ketangkasan domba. Sebab, saat ini masih diterapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

”Kegiatan pembubaran kontes ketangkasan domba adu ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Tarogong Kaler,” kata Muslih seperti dilansir dari Antara.

Dia menuturkan, Tim Satgas Covid-19 Garut mendatangi lokasi kegiatan adu ketangkasan domba di Kampung Pasir, Desa Panjiwangi, Kecamatan Tarogong Kaler, lalu meminta panitia menghentikan kegiatan tersebut. Seluruh peserta adu ketangkasan domba maupun masyarakat yang hadir dalam acara itu membubarkan diri dengan tertib.

”Para peserta dan panitia langsung membubarkan diri masing-masing tanpa ada pembubaran dari muspika, tim gugus tugas tingkat Kecamatan Tarogong Kaler,” terang Muslih.

Dia menyampaikan, selain masih diberlakukan PPKM, kegiatan itu diketahui tidak mengikuti prosedural perizinan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut. Sesuai aturan, selama pandemi Covid-19 tidak boleh ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang karena khawatir terjadi penularan Covid-19.

”Selama masa pandemi ini Forkopimcam tidak mengeluarkan perizinan dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19,” ujar Muslih.

Usai menghentikan kegiatan adu ketangkasan domba itu, polisi meminta keterangan dari panitia dan kepala desa setempat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori