PSI Dukung Wacana Candi Borobudur Jadi Pusat Ibadah Buddha

PSI Dukung Wacana Candi Borobudur Jadi Pusat Ibadah Buddha

Terbaiknews - Candi Borobudur. (Heru Suyitno/Antara)

– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menggagas Candi Borobudur sebagai pusat ibadah umat Buddha tingkat dunia. Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany mengingatkan agar gagasan itu tidak hanya sampai pada tataran wacana saja. Perlu tindak lanjut lebih konkret.

“Pak Ganjar pernah bilang bahwa dulu pernah mengusulkan, tapi tak berhasil. Nah, saat ini saatnya kita mengawal rencana itu menjadi nyata. Jangan sampai ide baik ini berakhir menjadi wacana semata,” ujar Tsamara dalam keterangan persnya, Senin (1/2).

Menurut Tsamara, rencana itu bisa memberikan gambaran kepada dunia bahwa Indonesia begitu pluralis.

“Kalau saja nanti umat Buddha dari seluruh dunia datang ke Candi Borobudur, Indonesia akan menunjukkan bahwa sejumlah agama bisa hidup berdampingan di negeri ini,” imbuh politikus yang sedang menempuh studi S-2 di New York University itu. Tsamara menyebut, dukungan dari PSI PSI sangat menjunjung tinggi pluralisme di Tanah Air.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menggagas Candi Borobudur tidak hanya sekadar sebagai destinasi wisata semata. Lebih dari itu dapat dijadikan sebagai rumah ibadah umat Buddha di dunia.

Nah, wacana itu mendapat respons dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebelumnya Ganjar juga pernah mengemukakan ide tersebut pada saat awal menjabat sebagai orang nomor satu di Jawa Tengah. Ide tersebut kala itu disampaikan kepada Wakil Presiden Budiono. Sayangnya, hingga kini belum ada tindak lanjutnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori