PGI Nilai Indonesia Berutang ke NU dalam Jaga Toleransi dan Persaudaraan

PGI Nilai Indonesia Berutang ke NU dalam Jaga Toleransi dan Persaudaraan

Terbaiknews - - Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia ( PGI) Gomar Gultom menyampaikan selamat hari...

, - Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia ( PGI) Gomar Gultom menyampaikan selamat hari ulang tahun kepada Nahdlatul Ulama ( NU) yang ke-95.

"Bangsa kita berutang besar kepada NU atas peran signifikan NU untuk menjaga Indonesia sebagai rumah bersama berdasarkan prinsip-prinsip toleransi (tasamuh) dan persaudaraan (ukhuwah)," kata Gomar dalam keterangan tertulis, Minggu (31/1/2021).

Pada kesempatan tersebut, Gomar juga menyampaikan rasa syukur atas kehadiran dan keberadaan NU di tengah masyarakat dan bangsa Indonesia.

Mahfud MD: Indonesia Bersyukur Punya NU

Ia mengatakan, prinsip-prinsip toleransi dan persaudaraan telah turut membentuk karakter keindonesiaan yang guyub dan toleran.

Hal tersebut, menurut dia, sejalan dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

"Kehadiran dan kekuatan NU yang sangat berakar pada keindonesiaan telah teruji juga melalui kontribusinya untuk membendung radikalisme dan ekstremisme yang terus berusaha meminggirkan Pancasila dan menegasikan kemajemukan Indonesia," ucap dia.

Resolusi Jihad hingga Khittah 1926, Ini Fakta Menarik Nahdlatul Ulama

Lebih lanjut, Gomar mendoakan NU dalam perannya menghadirkan Islam sebagai penyebar rahmat bagi semesta.

"Pada usia yang ke-95 ini, kami doakan semoga Allah merahmati NU dan segala ikhtiarnya untuk menghadirkan Islam sebagai penyebar rahmat bagi semesta atau rahmatan lil alamin," kata Gomar.

Seperti diketahui, Nahdlatul Ulama berdiri pada 31 Januari 1926. Pada Minggu (31/1/2021), organisasi Islam ini memasuki usia yang ke-95.

Di Harlah NU ke-95, Megawati Teringat saat Bung Karno Diberi Gelar oleh NU

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Utama (PBNU) Said Aqil Siradj merasa bersyukur pada usia Ke-95 tahun, PBNU masih berdiri sesuai jalurnya.

Ia mengatakan, NU sudah memiliki perjalanan panjang dan ikut andil berkontribusi untuk bangsa Indonesia.

"NU hampir 100 tahun, bahwa menunjukan sudah panjang perjalanannya, sudah banyak andil kontribusinya untuk bangsa ini, sudah banyak lika-likunya. Kadang menjumpai perjalanan yang mudah, tapi tidak sedikit kita jumpai perjalanan yang terjal," kata Said dalam pidatonya pada acara 'Konser Amal dan Harlah NU ke-95' secara virtual, Sabtu (30/1/2021).

Berita dengan kategori