Menristek Tegaskan GeNose untuk Skrining, Tidak Bisa Gantikan PCR

Menristek Tegaskan GeNose untuk Skrining, Tidak Bisa Gantikan PCR

Terbaiknews - - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakanmetode GeNose C19 masuk...

, - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakan, metode GeNose C19 masuk dalam kategori skrining atau penyaringan Covid-19.

Ia menegaskan, metode ini tidak bisa mengganti swab test PCR yang memiliki fungsi mendiagnosis seseorang terpapar Covid-19.

"Kami tegaskan GeNose ini tidak didesain untuk menggantikan PCR, tapi murni didesain untuk skrining, tetapi kita ingin skrining itu akurat dan mudah dipakai, relatif terjangkau atau murah dan cepat hasilnya," kata Bambang dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Rabu (3/2/2021).

Bambang mengatakan, penggunaan alat GeNose sudah mulai diterapkan hari ini di Stasiun Pasar Senen, Jakarta dan Stasiun Tugu, Yogyakarta.

Ia mengatakan, para penumpang yang menggunakan alat GeNose hanya perlu membayar sebesar Rp 20.000-25.000.

"Kemudian hasilnya cepat di bawah 3 menit," ujarnya.

Penumpang KA Disarankan Tes GeNose Sehari Sebelum Keberangkatan

Bambang mengatakan, cara penggunaan GeNose adalah seseorang diminta menghembuskan napas ke tabung khusus.

Kemudian, data embusan nafas dalam tabung akan diolah dengan bantuan kecerdasan buatan sehingga memunculkan hasil.

"Dan harganya Rp 62 juta, bisa dipakai 100.000 kali sesudah itu ada perbaikan kalau di mobil itu misalnya turun mesin untuk bisa dipakai lagi," pungkasnya.

Sebelumnya, GeNose, alat pendeteksi virus corona buatan para ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM) baru-baru ini resmi mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Melansir laman UGM, Sabtu (26/12/2020), Ketua Tim Pengembang GeNose Kuwat Triyatna mengatakan izin edar GeNose dari Kemenkes turun pada 24 Desember.

Menurut Kuwat, setelah izin edar diperoleh maka tim akan melakukan penyerahan GeNose C19 hasil produksi massal batch pertama yang didanai oleh BIN dan Kemenristek/BRIN untuk didistribusikan.

Berita dengan kategori