Menkes Sebut Lansia Perlu Segera Divaksin, Ini Alasannya

Menkes Sebut Lansia Perlu Segera Divaksin, Ini Alasannya

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kelompok lanjut...

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kelompok lanjut usia atau lansia adalah populasi yang sangat rentan terdampakÂfatal bila terkena Covid-19. Selain itu banyaknya penyakit bawaan dari para lansia juga membuat lansia menjadi populasi penyumbang kematian yang besar akibat Covid-19 di Indonesia.

Kerentanan yang tinggi pada lansia membuat kementerian kesehatan akan segera memberikan vaksinasi bagi golongan lansia untuk menekan angka kematian hingga mengurangi beban rumah sakit yang saat ini banyak merawat pasien berusia lanjut.

"Total lansia dari seluruh orang Indonesia yang terkena covid cuma 10%, tapi total lansia yang meninggal karena covid 50%," ungkap Budi dalam konferensi pers via zoom, Minggu (07/02/2021).


Dari satu juta angka kematian akibat Covid-19, setengahnya diisi oleh para orang tua yang telah berusia lanjut. Selain menunjukkan risiko kematian yang tinggi, tingkat komorbid yang dimiliki para lansia juga sangat besar sehingga menjadikan mereka kelompok yang paling rentan.

"Lansia ini risikonya tinggi, jadi kita bersyukur setelah BPOM mengeluarkan emergency use authorization untuk vaksin sinovac bisa diberikan kepada orang di atas 60 tahun berdasarkan uji klinis tahap ketiga di beberapa negara, sehingga dengan itu kemenkes bisa segera memberikan vaksinasi bagi orang yang usianya di atas 60 tahun," jelas Budi.

Resminya vaksin Sinovac, merupakan kabar gembira dan juga menjadi harapan untuk mengurangi positivity rate, angka kematian lansia akibat Covid-19 serta dapat mengurangi beban tenaga kesehatan dan rumah sakit di masa mendatang.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)