Mengenal Tezuka Osamu, Pencetus Serial Anime TV, Pencipta Astro Boy

Mengenal Tezuka Osamu, Pencetus Serial Anime TV, Pencipta Astro Boy

Terbaiknews - KOMPAS.com - Pecinta serial anime Jepang perlu berterima kasih pada Tezuka Osamu. Dia adalah...

KOMPAS.com - Pecinta serial anime Jepang perlu berterima kasih pada Tezuka Osamu. Dia adalah pencetus serial anime TV pertama di Jepang.

Kiprah anime Jepang masih eksis sampai hari ini. Serial anime terbaru yang digandrungi saat ini, seperti One Peace, Attack of Titan, Haikyuu, Sword Art Online, The God of Highschool, Re:Zero, dan lainnya.

Meski penikmat anime tidak lagi mengandalkan siaran TV untuk menikmati serial kesukaannya, tetapi tonggak perkembangan anime Jepang tak lepas dari penayangan serial anime di TV.

Kamehameha, Jurus Andalan Son Goku yang Ada di Kehidupan Nyata

Serial anime pertama yang disiarkan di TV ialah Tetsuwan Atomu atau lebih dikenal dengan Astro Boy. Serial garapan Tezuka Osamu ini disiarkan pada 1 Januari 1963.

5 Rekomendasi Film Anime yang Bisa Ditonton Akhir Pekan Ini di Viu

Lantas, bagaimana kiprah Osamu dalam industri anime Jepang?

Perjalanan hidup

Tezuka Osamu lahir pada 3 November 1928, di Toyonaka-cho, Toyono-gun, Prefektur Osaka. Ia adalah anak pertama dari pasangan Tezuka Yutaka dan Fumiko.

Dilansir dari Tezukaosamu.net, ketertarikannya pada dunia dua dimensi muncul sejak usia 9 tahun. Saat kelas 3 SD, ia belajar komposisi gambar dari gurunya, Inui Hideo.

Ia menggambar komik pertamanya "Pin Pin Sei-chan", dengan karakter utamanya seorang anak laki-laki dengan rambut cepak.

Osamu gemar membaca komuk Norakuro dan Perpustakaan Manga Nakamura karya komikus Tagawa Hosui.

Ia bahkan meminta pada orang tuanya untuk berlangganan koran, agar dapat membaca serial komik Tagawa.

Setelah lulus dari sekolah dasar, Osamu masuk Sekolah Menengah Kitano dan bergabung dengan klub seni, klub geografi, dan sejarah.

Sinopsis Film Anime Hello World, Upaya Memperbaiki Masa Lalu

Semasa sekolah menengah, seorang guru yang pernah ikut latihan militer, selalu curiga tiap Osamu menggambar komik. Untungnya, seorang guru seni bernama Okajima Yoshiro, sering membela Osamu.

Tekanan dari guru tersebut ia tidak mengusik kecintaannya pada dunia manga. Bahkan saat di sekolah menengah Osamu sempat menggambar komik berjudul "Kisah Detektif Mamar".

Ia hobi mengumpulkan dan menggambar komik serangga, termasuk menggambar metamorfosisnya dan jenis-jenisnya.

Setelah lulus, ia bergabung dengan Pusat Pelatihan Kesehatan Ichiriyama di Nigawa. Sayangnya, Osamu terkena dermatofitosis di lengannya sehingga harus keluar.

Berita dengan kategori