Lubang Semburan Gas dan Lumpur di Ponpes Pekanbaru Belum Bisa Ditutup

Lubang Semburan Gas dan Lumpur di Ponpes Pekanbaru Belum Bisa Ditutup

Terbaiknews - –Tim gabungan belum bisa menutup lubang semburan gas bercampur lumpur di kompleks Pondok...

–Tim gabungan belum bisa menutup lubang semburan gas bercampur lumpur di kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ihsan, Kota Pekanbaru. Tim gabungan itu berasal dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Riau, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, serta perusahaan EMP Bentul Ltd.

Kepala Dinas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Riau Indra Agus Lukman seperti dilansir dari Antara di Pekanbaru mengatakan, tim memantau kondisi sebelum melakukan tindakan teknis untuk menutup lubang.Sebab, kalau lubang itu terburu-buru ditutup, dikhawatirkan semburan akan berpindah ke tempat lain.

”Kita lihat dua sampai tiga hari mendatang. Jika semburan makin kecil dan kondisi memungkinkan tim akan akan mulai memasukkan alat dan melakukan penutupan. Kita akan tutup dengan balok-balok cor-coran,” ujar Indra Agus Lukman pada Senin (8/2).

Indra memastikan semburan gas di kompleks Pondok Pesantren Al-Ihsansudah tidak berbahaya lagi.Material yang keluar dari lubang semburan kini lebih banyak lumpur dan pasir.Lubang semburan terlihat makin besar dan lumpur yang tersembur hampir mencapai atap asrama di pondok pesantren. Namun intensitas semburannya sudah berkurang dibandingkan sebelumnya.

”Diperkirakan diameter liang sumur sudah mencapai enam meter. Jika dilihat dari atas tampak kecil lantaran tertutup lumpur yang tingginya sudah hampir dua meter,” kata Indra.

Menurut dia, gas yang menyembur dari lubang sumur di pondok pesantren tersebut adalah gas rawa yang sering ditemukan di wilayah Riau.

”Kalau gas rawa dapat ditemui di 100 meter. Namun, jika untuk gas nitrogen yang digunakan untuk industri ditemui di 200 meter lebih. Kalau gas rawa tidak bisa dikelola sebab biasanya dalam tiga hari sudah berhenti menyembur,” papar Indra Agus Lukman.

Insiden semburan gas bercampur lumpur terjadi ketika pengelola Pondok Pesantren Al-Ihsan mempekerjakan penggali sumur untuk mencari sumber air di kompleks pesantren. Pondok pesantren itu berada di Kecamatan Tenayan Raya. Di wilayah kecamatan itu, warga harus mengebor tanah puluhan meter hingga 100 meter lebih untuk mendapat sumber air.

Pada Kamis (4/2) sekitar pukul 14.00 WIB, saat penggalian sumur di kompleks Pesantren Al Ihsan mencapai kedalaman 119 meter, gas menyembur hingga ketinggian 15 meter dari lubang sumur. Akibat semburan gas bercampur lumpur dari lubang sumur tersebut, kompleks Pondok Pesantren Al-Ihsan kini diliputi lumpur, pasir, dan debu kelabu.

Bangunan asrama santri, ruang guru, kantin, ruang kelas, dan aula di pesantren itu rusak karena gumpalan lumpur yang mengeras terlontar ke atap dan membuat atap berlubang. Puluhan santri Pondok Pesantren Al-Ihsan harus diungsikan akibat kejadian semburan gas bumi bercampur lumpur tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berita dengan kategori