Longsor Daerah Payung II, Jalur Batu-Kediri Ditutup Sementara  

Longsor Daerah Payung II, Jalur Batu-Kediri Ditutup Sementara  

Terbaiknews - BatuIDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Malang Raya dalam beberapa hari terakhir...

Batu, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Malang Raya dalam beberapa hari terakhir menyebabkan longsor terjadi. Setelah sebelumnya longsor terjadi di jalur Malang-Kediri tepatnya kawasan Jombok, Ngantang, kini longsor kembali terjadi di jalur Batu-Kediri tepatnya di area Payung II.

Longsor tak hanya terjadi sekali, tetapi beberapa kali sepanjang Jumat (5/2/2021) sore hingga malam. Hal itu menyebabkan jalur Batu-Kediri tertutup lantaran material longsoran menutup hampir seluruh badan jalan.

1.ÂPetugas kesulitan lakukan pembersihan

Longsor Daerah Payung II, Jalur Batu-Kediri Ditutup Sementara  Tim gabungan melakukan evakuasi pembersihan material longsoran di Payung II. Dok/Pusdalops Kota Bayu

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim menjelaskan bahwa longsor susulan masih terus terjadi di kawasan Payung II. Hal itu membuat petugas kesulitan membersihkan material longsorang yang menutup badan jalan. Belum lagi kondisi lokasi yang gelap juga turut menyulitkan tim evakuasi untuk bisa membuka akses jalan yang tertutup.

"Karena masih sulit serta longsor susulan yang masih terjadi, tadi malam diputuskan evakuasi dihentikan," katanya Sabtu (6/2/2021).

2.ÂBisa lewat jalur alternatif

Longsor Daerah Payung II, Jalur Batu-Kediri Ditutup Sementara  Sampai malam hari, longsor susulan terjadi sebanyak tiga kali di kawasan Payung II. Dok/Pusdalops Kota Batu

Meskipun jalur Batu-Kediri sementara ditutup, Rochim menambahkan bahwa bagi kendaraan kecil masih bisa melalui jalur alternatif Klemuk. Tetapi pihaknya meminta kepada masyarakat untuk benar-benar memastikan kondisi kendaraannya terlebih dahulu sebelum melewati jalur Klemuk. Pasalnya, jalur tersebut memang cukup curam dan dieprlukan kendaraan dalam kondisi prima untuk bisa melaluinya.

"Kendaraan harus benar-benar dalam kondisi baik untuk bisa melewati jalur Klemuk," tambahnya.

3.ÂKontur tanah sangat labil

Longsor Daerah Payung II, Jalur Batu-Kediri Ditutup Sementara  Material longsor menutup badan jalan di jalur Batu-Kediri tepatnya kawasan Payung II. Dok/Pusdalops Kota Batu

Hujan yang terus mengguyur dalam beberapa hari terakhir memang membuat kontur tanah di sejumlah titik jalur Batu-Kediri menjadi labil. Titik yang juga masuk kategori bahaya adalah kawasan Payung II. Tak hanya kali ini saja, kawasan yang sama sempat terjadi longsor beberapa waktu lalu. Namun kali ini, selain menutup badan jalan, longsoran juga menyebabkan pipa saluran air terputus.

"Kami mencatat mulai sore sampai malam hari ini tadi sudah terjadi 3 kali terjadi longsoran susulan," sambungnya.

4.ÂPagi ini kembali lanjutkan pembersihan

Longsor Daerah Payung II, Jalur Batu-Kediri Ditutup Sementara  Tim gabungan melakukan evakuasi pembersihan material longsoran di Payung II. Dok/Pusdalops Kota Bayu

Setelah semalam dihentikan, proses pembersihan kembali dilanjutkan pagi ini. Alat berat juga dilibatkan untuk mempercepat proses pembersihan material longsor. Pihaknyanya juga memperingatkan masyarakat untuk tetap waspada. Terutama ketika hujan deras tiba.

"Kami minta masyarakat lebih berhati-hati. Karena cuaca ekstrem masih kerap terjadi," pungkasnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita dengan kategori