Lawan Kudeta Militer, Ini Gerakan Hunger Games Versi Myanmar

Lawan Kudeta Militer, Ini Gerakan Hunger Games Versi Myanmar

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia- Tentara Myanmar merebut kekuasaan menggulingkan pemimpin terpilih yang...

Jakarta, CNBC Indonesia- Tentara Myanmar merebut kekuasaan menggulingkan pemimpin terpilih yang populer Aung San Suu Kyi, pada hari Senin (1/2/2021). Dia kemudian ditahan dan menghadapi kemungkinan dakwaan atas pelanggaran impor atas dugaan kepemilikan enam walkie-talkie yang tidak sah dan pelanggaran dalam pemilu.

Militer Myanmar mengatakan akan mengambil alih kekuasaan di negara itu selama satu tahun ke depan. Melihat hal ini, timbul rasa penolakan dari rakyat Myanmar, yang baru saja terlepas dari rezim militer pada 2015 lalu ketika Suu Kyi dan partainya Liga Nasional Untuk Demokrasi (NLD) memenangi pemilu yang dianggap sebagai pemilu yang demokratis.

Berbagai upaya rakyat Myanmar pun melakukan berbagai upaya untuk menentang kudeta militer ini. Berikut daftar upaya rakyat Myanmar melawan melawan militer, dilansir dari Myanmar Times.



1. Salam 3 Jari

Salam 3 jari ini diadopsi dari film "The Hunger Games" yang dirilis 2012 lalu. Salam 3 jari ini melambangkan pembangkangan masyarakat terhadap rezim kekuasaan militer.

Rakyat Myanmar memposting foto tiga jari mereka di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram sambil menulis hashtag dan untuk mendukung para pemimpin yang ditahan, termasuk Suu Kyi.

2. Ketidakpatuhan Publik

Hal ini diinisiasi oleh tenaga kesehatan (nakes) yang berasal dari kota Mandalay, yang merupakan salah satu kota besar di negeri Pagoda Emas itu. Mereka menyatakan tidak akan masuk kerja sebagai bentuk aksi damai dalam memprotes rezim militer.

Aksi ini menjadi viral dan diikuti oleh beberapa nakes yang berada diseluruh penjuru Myanmar lainnya. Namun hal ini menimbulkan kekhawatiran akan penanggulangan Covid-19, mengingat aksi ini telah terjadi di 80 rumah sakit publik yang menangani pandemi.

Untuk itu mereka membagi beberapa nakes dalam sistem shift. Gaji bagi mereka yang bekerja juga berasal dari program fundraising dari masyarakat yang mendukung aksi mereka ini.

Berita dengan kategori