[KLARIFIKASI] Air Rebusan Belimbing Wuluh Diklaim Obat Covid-19

[KLARIFIKASI] Air Rebusan Belimbing Wuluh Diklaim Obat Covid-19

Terbaiknews - klarifikasi!Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh iniada yang perlu diluruskan terkait...
[KLARIFIKASI] Air Rebusan Belimbing Wuluh Diklaim Obat Covid-19

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah akun Facebook mengunggah video berisi kesaksian seorang perempuan dan ajakan untuk mengonsumsi air rebusan belimbing wuluh. Khasiatnya, untuk menyembuhkan Covid-19.

Belimbing wuluh dibelah menjadi dua, direbus, kemudian diminum selagi hangat, disebut efektif tidak hanya untuk menyembuhkan, tetapi juga untuk mencegah terjadinya infeksi Covid-19 dan penyakit lain.

Menurut ahli, klaim itu tidak sepenuhnya benar. Hingga saat ini belum ada obat yang ditetapkan khusus untuk menangani Covid-19.

Narasi yang beredar

Sebuah akun Facebook bernama Victoria Sidabutar mengunggah video berdurasi 7 menit43 detik yang berisi testimoni seorang perempuan 63 tahun tentang ramuan untuk mencegah dan menyebuhkan Covid-19, ke grup Facebook Anak Siantar.

Perempuan dalam video mengaku sembuh dari Covid-19 setelah mengonsumsi air rebusan belimbing wuluh atau belimbing sayur.

Video itu ia bagikan pada 4 Februari 2021 pukul 22.37 dengan beberapa narasi sebagai berikut:

"Apa kata Namboru ini ada benarnya.Tidak apa-apa apabila dicoba sebab vitamin C belimbing wuluh memang tinggi," tulis akun Victoria Sidabutar.

Perempuan dalam video itu mengaku berbagi pengalaman pribadinya dan bukan omong kosong belaka.

Belimbing sayur dibelah menjadi dua, kemudian direbus, dan air rebusan itu diminum dalam kondisi hangat.

"Ini belimbing wuluh ini, dibelah dua, direbus, minum hangat-hangat, jangan khawatir, magh enggak ada yang penting makan dulu.Tapi ketika saya meminum ini, jujur, seluruh badan saya lemas beberapa saat, hampir tidak mampu jalan," kisah dia.

"Saya magh akut, tapi saya bisa minum ini," kata dia.

Ia mencontohkan, meminum air itu dengan cara mendengakkan kepala, sehingga air rebusan itu perlahan akan masuk melalui tenggorokan.

Perempuan itu menyebut vitamin C di dalam belimbing wuluh sangat tinggi. Dan ia menyampaikan kesaksian ini setelah mencobanya selama 2 minggu.

[KLARIFIKASI] Air Rebusan Belimbing Wuluh Diklaim Obat Covid-19Facebook Tangkapan layar unggahan Facebook yang menyebut air rebusan belimbng wuluh sebagai obat Covid-19.

Berita dengan kategori