Dirut Pertamina Sebut Cetak Laba di 2020

Dirut Pertamina Sebut Cetak Laba di 2020

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero)Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor minyak dan...

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor minyak dan gas bumi, mengungkapkan perseroan tetap mencetak laba pada 2020 meski di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina, menyebut Pertamina masih mencetak laba di tengah goncangan pandemi pada 2020 karena perseroan berhasil melakukan sejumlah penyesuaian.

"Di sepanjang 2020 biar pun ada tiga hal, triple shock, yang dialami, Pertamina masih bisa laba," ungkapnya dalam acara "Energy Outlook 2021: Bedah Nasib Sektor Energi di Tengah Ketidakpastian" di CNBC Indonesia, Kamis (04/02/2021).


Nicke mengatakan, keberhasilan mencetak laba ini dikarenakan saat harga turun drastis pada awal pandemi, Pertamina mengimpor minyak dalam jumlah besar pada April-Mei 2020. Lalu, minyak ini disimpan di tangki penyimpanan, baik di darat (landed storage) maupun di kapal. Dengan demikian, menurutnya ini berdampak pada penurunan biaya pokok produksi perseroan, khususnya di semester kedua 2020.

"April-Mei kita beli minyak dalam jumlah besar dan disimpan di landed storage dan kapal, sehingga berdampak ke penurunan biaya pokok produksi," ujarnya.

Pada awal pandemi Covid-19 di Maret 2020, Pertamina mengalami triple shock yakni penurunan harga minyak, penurunan permintaan minyak, dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)

Berita dengan kategori