Butuh Duit! Alasan Hotel-hotel RI Dijual Murah Meriah

Butuh Duit! Alasan Hotel-hotel RI Dijual Murah Meriah

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Selama hampir setahun terkena badai pandemi Covid-19industri perhotelan...

Jakarta, CNBC Indonesia - Selama hampir setahun terkena badai pandemi Covid-19, industri perhotelan terkena tekanan yang sangat parah. Tidak sedikit hotel yang harus gulung tikar akibat berlarut-larutnya pandemi.

Pemilik hotel harus berputar otak, salah satu yang akhirnya ditempuh dengan menjual hotelnya itu demi bisa mendapatkan cashflow. Termasuk juga mudah ditemui di situs jual beli online.


"Fenomena hotel dijual di marketplace sudah ada sebelumnya juga, cuma sekarang lebih banyak karena ada pandemi yang sulit, jadi wajar-wajar aja karena kesulitan keuangan jadi dijual," kata Ketua BPD Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Sutrisno Iwantono kepada CNBC Indonesia, dikutip Selasa (9/2/2021).

Setiap pelaku usaha memiliki perhitungan masing-masing, yakni memilih untuk melanjutkan usaha dengan beban biaya yang ada, atau mendapatkan uang segar dari penjualan asetnya. Namun, Iwantono menyebut hingga kini belum terhitung detil berapa banyak pemilik hotel yang harus menjual asetnya.

"Kalau diteruskan terbatas likuiditasnya, jadi nggak mampu menutup defisit, kalau diteruskan kerugian jauh lebih berat. Kalau dijual mungkin ada investor, jadi bisa ada likuiditas yang lebih baik," kata Iwantono.

Pilihan itu bisa menjadi alternatif pemilik hotel untuk tetap bisa hidup dan meminimalisir kerugian. Namun, bukan berarti hotel yang dijual itu memiliki kualitas tidak baik atau tidak diminati pengunjung, melainkan karena keadaan memaksa.

"Penjualan bukan karena hotelnya jelek, bisa jadi hotelnya bagus. Jadi bukan keadaan internalnya, tapi eksternalnya yang sebabkan, tapi hotelnya belum tentu jelek, karena bukan hanya satu yang mengalami kesulitan, hampir semua hotel mengalami," sebutnya.

Sebelumnya, berdasarkan penelusuran, CNBC Indonesia menemukan banyak hotel dijual murah. Di antaranya dengan mengetik kalimat "Hotel di Jogja".

Dari situ akan terlihat beberapa situs jual beli online seperti OLX yang menampilkan penjualan hotel. Salah satu postingan menawarkan hotel dengan harga Rp 60 miliar.

Hotel bintang 3 ini berada di kawasan Taman Siswa, jantung Jogja seluas 4.000 meter persegi dengan 45 kamar. Juga ada hotel dijual Rp 20 miliar, lokasinya di dekat Stasiun Lempuyangan dan Kotabaru Jogja.

Hotel bintang 3 lainnya dijual di Malioboro Jogja seharga Rp 75 miliar dengan 40 kamar, dengan luas area 780 meter dan bangunan 2.000 meter persegi. Selebihnya masih banyak hotel-hotel dijual dengan harga miring.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Berita dengan kategori