Cegah Longsor, Sudin SDA Jaksel Akan Bongkar Turap-turap yang Retak

Cegah Longsor, Sudin SDA Jaksel Akan Bongkar Turap-turap yang Retak

Terbaiknews - KOMPAS.com - Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan (Jaksel) akan merobohkan dan memperbaiki...

, KOMPAS.com - Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan (Jaksel) akan merobohkan dan memperbaiki turap-turap retak di lereng-lereng merupakan area atau falistas publik . Langkah tersebut diambil untuk mencegah turap longsor.

“Kami pantau turap-turap yang di lereng. Kami cek-cek semua. Sebelum roboh kami bongkar sebaiknya,” kata Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan, Junjung, Kamis (4/2/2021).

Junjung menambahkan, Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan telah mengerahkan petugas untuk mengecek turap-turap yang berada di lereng-lereng di kawasan itu. Hasil pemantauan akan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan turap.

Turap Sepanjang Belasan Meter di Srengseng Sawah, Jaksel, Longsor

“Kalau ada yang retak dan rawan roboh nanti dibongkar dan diperbaiki,” ujar Junjung.

Sebelumnya, sebidang turap di pinggir kali di Jalan Sharin RT 08/02, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, longsor Kamis pagi.

“Itu longsor karena tanahnya sudah labil,” kata Junjung.

Turap yang longsor itu panjangnya belasan meter. Tinggi turap 10 meter dengan kemiringan 60 derajat.

“Kemarin itu survei lokasi memang sudah retak turapnya. Tadi pagi kebetulan tidak hujan. Itu tanah lereng jadi labil,” ujar Junjung.

Material longsoran itu menutup saluran air.Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan mengerahkan 20 petugas untuk mengangkat material longsoran turap tersebut.

Berita dengan kategori