Pemerintah Berupaya Tekan Penggunaan TV Analog

Pemerintah Berupaya Tekan Penggunaan TV Analog

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Pemerintah Indonesia disebut tengah menyusun aturan untuk menekan...

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Indonesia disebut tengah menyusun aturan untuk menekan penggunaan TV analog guna menunjang realisasi TV digital pada 2022. Saat ini proses sosialisasi TV digital ke masyarakat terus berjalan.

Demikian sampaikan staf khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi saat mendukung terciptanya digitalisasi di Tanah Air.

"Sambil menunggu RPP Postelsiar disahkan, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian sedang menyiapkan aturan untuk menghentikan produksi dan impor televisi analog," ujar Dedy kepada CNNIndonesia.


Menurut Dedy, sementara itu pemerintah tengah mendorong pelaku usaha dalam negeri agar menaikkan kapasitas produksi set top box (STB) buatan Indonesia.

STB merupakan alat penerima siaran TV digital yang dapat dikoneksikan ke pesawat televisi. Harga set top box termurah di marketplace masih dibanderol dengan kisaran Rp155 ribu.

Ia mengatakan, saat ini masyarakat dapat mengakses siaran digital di stasiun TVRI di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Namun untuk siaran televisi swasta lainnya baru dapat diakses di beberapa provinsi saja.

"Untuk siaran digital televisi swasta seperti Metro, Trans Group (CNNIndonesiaÂTV), MNC Group, Viva Group, dan Emtek, baru dapat diakses di 12 provinsi," ucapnya.

Sebanyak 12 provinsi tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Pemerintah melalui UU Cipta Kerja yang disahkan pada November 2020, menuliskan regulasi migrasi TV analog ke TV Digital yang dinamakan Analog Switch Off (ASO).

Dalam ayat 2 pasal 60A disebutkan bawah migrasi penyiaran televisi terestrial dari teknologi analog ke teknologi digital sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan penghentian siaran analog (analog switch off) diselesaikan paling lambat 2 (dua) tahun sejak mulai berlakukan UU Ciptaker, 22 November 2020.

Artinya siaran televisi di Indonesia akan dilakukan secara terestrial di seluruh Indonesia pada November 2022.

TV Analog

Siaran TV digital bisa dinikmati di TV analog produksi lama dengan cara menggunakan alat khusus set top box (STB).

STB adalah perangkat penerima siaran TV digital yang dikoneksikan ke pesawat televisi. Harga set top box termurah di marketplace memang masih dibanderol dengan kisaran Rp155 ribu.

Pemerintah rencana membagikan sebanyak 6,7 juta STB untuk masyarakat guna mempercepat migrasi televisi analog ke tv digital.

Pemerintah Berupaya Tekan Penggunaan TV AnalogInfografis Beda TV Analog dan TV Digital. (Foto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)
(can/mik)
[Gambas:Video CNN]