Begini, Cara Menggunakan iCloud di Perangkat Android

Begini, Cara Menggunakan iCloud di Perangkat Android

Terbaiknews - Apple merancang layanannya secara eksklusif untuk produk buatannya. Namunbeberapa di antaranya...

Apple merancang layanannya secara eksklusif untuk produk buatannya. Namun, beberapa di antaranya juga bisa digunakan di perangkat Android, salah satunya adalah iCloud.

Untuk menggunakan iCloud di perangkat Android cukup mudah. Pengguna hanya perlu melakukan navigasi ke iCloud.com, baik memasukkan kredensial Apple ID pengguna yang sudah ada atau membuat akun baru.

Begini, Cara Menggunakan iCloud di Perangkat Android
Ilustrasi Android 10. Sebagai ilustrasi Android [Shutterstock]

Setelahnya, pengguna akan melihat pintasan ke aplikasi web iCloud yang tersedia, termasuk Foto, Catatan, Pengingat, dan bahkan Temukan iPhone. Pengguna juga bisa mengelola akun iCloud dan melihat berapa banyak penyimpanan yang pengguna miliki secara total dalam satu situs web yang mudah dinavigasi.

Meski begitu, dilansir dari Android Authority, eksekusi fungsi iCloud di Android tidak terlalu bagus. Mengingat layanan itu memang dipersonalisasikan untuk perangkat Apple.

Secara teori, pengguna mampu mengakses semua aplikasi web yang telah disebutkan sebelumnya melalui browser dekstop manapun. Sayangnya, seorang jurnalis dari Android Authority telah mencobanya dan menemukan masalah.

Fitur Pengingat tidak dapat diakses dan Catatan tidak dapat digunakan. Di aplikasi Catatan, keyboard menghilang sehingga tidak bisa mengetik apapun. Meski begitu, untuk melihat, mengunggah, mengunduh, dan berbagi foto dari iCloud bisa dilakukan dengan lancar. Fitur mengelompokkan foto ke dalam album dan menyembunyikan foto pun dapat berfungsi dengan baik.

Jika pengguna menggunakan perangkat Android dan Apple namun ingin iCloud tetap terintegrasi di dalam perangkat Android hanya untuk fungsi dasar, ini adalah solusi untuk menggunakan iCloud di Android.