Amazon Buka Lowongan Kerja Pertama 26 Tahun Lalu, Profesi Apa yang Dicari?

Amazon Buka Lowongan Kerja Pertama 26 Tahun Lalu, Profesi Apa yang Dicari?

Terbaiknews - KOMPAS.com - Lebih dari dua puluh enam tahun yang lalutepatnya pada 23 Agustus 1994Jeff Bezos...

KOMPAS.com - Lebih dari dua puluh enam tahun yang lalu, tepatnya pada 23 Agustus 1994, Jeff Bezos untuk pertama kalinya mengumumkan iklan lowongan kerja untuk Amazon. Ketika itu dia sedang merintis calon raksasa e-commerce tersebut.

Tak mengherankan bahwa profesi yang dicari adalahprogrammer, tepatnya yang menguasai bahasa pemrograman C, C++, dan Unix serta memiliki pengalaman membangun sistem dalam skala yang besar dan kompleks.

Bezos memasang lowongan kerja Amazon lewat situs Usenet, sebuah forum dan papan buletin online. Beberapa waktu lalu dia mengunggah tangkapan layarnya ke Instagram.

4 Prinsip dan Kebiasaan Unik Jeff Bezos Saat Jadi CEO Amazon

"Anda akan bekerja dengan rekan-rekan yang berbakat, intens, dan menarik," katanya berpromosi dalam lowongan tersebut, sambil menambahkan iming-iming kepemilikan ekuitas perusahaan sebagai bagian dari paket kompensasi untuk karyawan.

Waktu itu nama Amazon memang belum beken seperti sekarang. Bezos yang sekarang menjadi orang terkaya di dunia pun masih pengusaha amatiran yang sedang memulai bisnis setelah berhenti bekerja di Wall Street.

View this post on Instagram

A post shared by Jeff Bezos (@jeffbezos)

Di lowongan kerja pertama ini Bezos sudah menerapkan tiga prinsip dalam rekrutmen, yakni mencari orang yang bisa dikagumi, bisa meningkatkan efektivitas kelompok kerja, dan bisa bersinar di bidang tertentu yang tak harus berkaitan dengan pekerjaan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Jumat (5/2/2021), ketiga prinsip tersebut masih dipakai oleh Amazon dalam melakukan rekrutmen karyawan hingga kini

Bezos dan Amazon tak butuh waktu lama untuk menemukan calon karyawan yang dibutuhkan. Pasalnya, kurang dari satu tahun setelah iklan lowongan tersebut diumumkan, Amazon sudah mulai menjual buku secara online.

Surat ke Karyawan Ungkap Alasan CEO Amazon Mundur, Begini Isinya

Kini, Amazon sudah berkembang pesat dan telah bertransformasi menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Jumlah karyawannya mencapai kisaran 1,3 juta orang di seluruh dunia.

Bezos sendiri belakangan telah mengumumkan akan mundur dari posisinya sebagai pimpinan Amazon pada tahun ini. Jabatannya akan digantikan oleh Andy Jassy -sekarang CEO Amazon Web Services- pada kuartal-III 2020.

Berita dengan kategori