Zoom vs Skype vs Hangouts, Mana Paling Irit Kuota Internet?

Zoom vs Skype vs Hangouts, Mana Paling Irit Kuota Internet?

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Aplikasi video telekonferensi kini menjadi populer dikarenakan himbauan...
Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi video telekonferensi kini menjadi populer dikarenakan himbauan pemerintah agar masyarakat bisa bekerja dari rumah. Zoom, Hangouts, Skype dan WebEx mana paling irit kuota internet?
Dengan maraknya perusahaan menerapkan work from home,ÂHutchison 3 (Tri) Indonesia mencoba melakukan pengujian secara internal terhadap keempat aplikasi tersebut untuk menemukan aplikasi mana yang paling irit memakan bandwidth.

Sebab kegiatan virtual dapat berlangsung lancar tanpa lag yang mengganggu, bilamana aplikasi telekonferensi hanya bergantung dengan kebutuhan bandwidth yang rendah, tentunya dengan koneksi internet yang stabil.

Pengujian internal terbatas Tri Indonesia ini sendiri menggunakan perangkat yang sama dalam telekonferensi selama 30 menit dengan lima partisipan.Â
Zoom vs Skype vs Hangouts, Mana Paling Irit Kuota Internet?Foto: Perbandingan penggunaan bandwitchÂaplikasi telekomferenceÂ(Doc.ÂHutchison 3 Indonesia)

"Bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil juga, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk telekonferensi," tulis Tri dalam siaran pers, (1/4/2020).
Sementara itu itu, Tri menambahkan kalau aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik. "Kebutuhan bandwidth setiap aplikasi dapat bervariasi pula tergantung dari perangkat elektronik yang digunakan," lanjutnya"
Dari pengujian ini didapatkan hasil bahwa Zoom ternyata paling irit data dengan kebutuhan bandwidth sekitar 700 Kbps. Lalu Skype dengan 977Kbps, Hangouts dengan 1100 Kbps, dan terakhir WebEx dengan 1.700 Kbps.
Tri Indonesia juga menjelaskan bahwa dibandingkan dua minggu sebelumnya, akses terhadap empat layanan aplikasi telekonferensi video tersebut meningkat hingga 693%, khususnya pada jam kerja.Â

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)