Mudah! Begini Cara Cek IMEI HP Android

Mudah! Begini Cara Cek IMEI HP Android

Terbaiknews - Kebijakan pemerintah tentang pemblokiran ponsel ilegal melalui International Mobile Equipment...

Kebijakan pemerintah tentang pemblokiran ponsel ilegal melalui International Mobile Equipment Identity (IMEI) kini ramai diperbincangkan publik. Berikut ini cara cek IMEI HP Android paling mudah.

Pemerintah resmi memberlakukan pengendalian IMEI mulai Selasa, 15 September 2020. Aturan ini IMEI HP sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.1 Tahun 2020 tentnag Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui IMEI.

Kebijakan ini diselenggarakan oleh empat kementerian, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Sejak diberlakukan kebijakan artinya ponsel ilegal atau black market (BM) yang IMEI-nya tidak terdaftar tidak akan memperoleh sinyal dari penyedia layanan seluler di Indonesia. Bagaimana dengan ponsel milik Anda? Apakah aman, atau justru sebaliknya?

Untuk memastikan apakah IMEI pada ponsel Anda terdaftar atau tidak, simak cara panduan cek IMEI HP Android di bawah ini.

Cara Cek IMEI

Situs pengecekan IMEI di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memang sudah tersedia kembali. Namun, bagaimana caranya agar Anda bisa mengetahui nomor IMEI ponsel sebelum cek statusnya di situs Kemenperin?

Nomor IMEI merupakan nomor identitas unik yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Association (GSMA) untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan oleh produsen ponsel. Jika ponsel Anda mempunyai slot SIM Card ganda, maka akan ada dua nomor IMEI yang dimiliki perangkat tersebut.

Semua nomor IMEI akan didaftarkan ke Kemenperin saat sebuah ponsel akan dijual di Indonesia. Hingga saat ini, Kemenperin terus mengumpulkan semua data IMEI dari ponsel resmi.

Setidaknya ada tiga cara yang bisa Anda coba untuk mengetahui nomor IMEI ponsel Anda, khususnya yang berbasis smartphone Android. Langkah-langkah berikut terbilang mudah, yaitu: