Mengulik OPPO A9 2020 yang Punya Dual Speaker Dolby Atmos

Mengulik OPPO A9 2020 yang Punya Dual Speaker Dolby Atmos

Terbaiknews - OPPO A9 2020 memiliki teknologi Dual Speaker Dolby Atmos yang menghasilkan suara terbaik. 

Selain punya fitur 4 kamera yang menjadi andalannya, OPPO A9 2020 ternyata memiliki teknologi Dual Speaker Dolby Atmos. Teknologi ini ibarat ‘angin segar’, terutama bagi para audiophile atau penggila suara berkualitas tinggi, karena mampu menghasilkan suara terbaik.

Lantas, apa sebenarnya Dual Speaker Dolby Atmos itu? Lalu seperti apa teknologi ini bekerja sehingga bisa menghasilkan suara yang terbaik? Berikut ulasan lengkapnya.

Apa Itu Dolby Atmos?

Masyarakat awam mungkin mengenal Dolby Atmos sebagai sistem audio yang sering digunakan di bioskop. Padahal, teknologi suara ini bisa diterapkan diperangkat apapun, salah satunya pada hp dengan 4 kamera belakang ini.

Berteknologi tinggi, sistem audio ini mampu menampilkan suara 3D sehingga membuat suara seakan-akan berada disekeliling kita. Dolby Atmos juga mampu menampilkan suara yang lebih mendetail dan membuat kita seakan-akan mendengarkan suara tersebut secara langsung.

Dual Speaker Dolby Atmos pada OPPO A9 2020

Mengulik OPPO A9 2020 yang Punya Dual Speaker Dolby Atmos Setting Dual Speaker Dolby Atmos. (/Firda Fitri Yanda)

Setelah paham, selanjutnya kita akan mengulik seperti apa teknologi ini pada Oppo A9 2020 terbaru ini. Untuk letak, Dual Speaker Dolby Atmos ini berada di atas kamera depan dan di bagian bawah smartphone 4 kamera ini. Jika ingin mengaturnya, Fitur Dual Speaker Dolby Atmos dapat ditemukan pada menu Quick Setting dan menu Setting. Di dalamnya terlihat jenis suara apa yang diinginkan, mulai dari:

Fungsi ini secara pintar mampu mencocokan efek suara dengan fitur apa yang sedang digunakan. contohnya, jika sedang bermain game, suara akan menyesuaikan jenis suara gaming, begitu pula ketika memainkan lagu akan menyesuaikan jenis suara musik, dan kemudian akan menyesuaikan ke jenis suara movie ketika memainkan film.

Fitur yang digunakan ketika menonton film. Memilih jenis suara ini membuat kita bisa mendengarkan suara 3D yang realistik dengan menggabungkan efek bass yang powerful.

Jenis suara ini menghasilkan suara berkualitas suara langsung dengan efek bass yang memukau.

Jenis suara ini mampu menghadirkan suara yang ‘penuh’ dan lebih seimbang bila dibandingkan lainnya.

Hal yang unik mulai terlihat disini. Ternyata fitur Dual Speaker Dolby Atmos ini dapat langsung menyala ketika menggunakan speaker. Hal berbeda jika pengguna menggunakan headset, fitur Dolby Atmos ini dapat dinyalakan atau dimatikan, dan asyik lagi, pada menu Dolby Atmos, jika memilih jenis suara music, maka akan muncul fitur Equalizer yang terdiri dari:

Pada fungsi ini equalizer akan secara pintar mengatur suara yang diinginkan, contohnya jenis suara yang ‘balance’ alias seimbang baik dari segi instrumen atau vokal, ‘warm’ alias menghasilkan suara yang lebih tebal dengan menonjolkan efek bass, ‘detailed’ yang menampilkan suara vokal dan instrumen yang lebih jelas, atau bisa memilih ‘off’ alias mematikan fungsi equalizer ini.

Fungsi ini memudahkan pengguna menyetel equalizer secara bebas sesuai keinginan.

Impresi Suara

Mengulik OPPO A9 2020 yang Punya Dual Speaker Dolby Atmos Mendengarkan musik semakin asyik berkat teknologi Dolby Atmos. (/Firda Fitri Yanda)

Setelah memahami fitur-fitur yang ada pada Dolby Atmos, lantas seperti apa suara yang dihasilkan smartphone terbaru ini ketika digunakan bermain game, menonton film, atau mendengarkan musik?

Pertama-tama, untuk membuktikan kehebatan suara Dual Speaker Dolby Atmos, tim Tribunnews mencoba menjajalnya dengan memainkan game PUBG. Tanpa menggunakan headset, setiap detail suara dalam permainan terdengar jelas.

Memainkan PUBG menggunakan smartphone ini juga terasa menengangkan, terutama ketika mendengar deruan tembakan dari musuh yang menjadikan permainan semakin terasa nyata.

- Efek Suara Film yang Menggelegar

Suara terdengar detail, setiap dialog terdengar sangat jelas, begitu pula dengan sound effect yang ditampilkan sehingga membuat pengalaman menonton pada smartphone android 4 kamera ini  terasa makin menyenangkan.

Bagi audiophile ini adalah unsur utama yang mereka cari dalam sebuah smartphone, yakni mampu menampilkan suara musik yang enak ditelinga. Secara umum, smartphone ini menghasilkan suara musik yang detail dengan menyeimbang unsur instrumen dan vokal yang ada.