Jokowi: Vaksinasi Covid-19 Dilakukan Paling Cepat Akhir Tahun

Jokowi: Vaksinasi Covid-19 Dilakukan Paling Cepat Akhir Tahun

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan vaksinasi Covid-19 di Indonesia...

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan dilakukan paling cepat pada akhir tahun ini, dan paling lambat dilakukan awal tahun depan.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi usai meninjau uji vaksinasi di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat. Jokowi sendiri didampingi oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Kalau melihat tadi di lapangan dan melihat simulasi tadi, kita memperkirakan kita akan mulai vaksinasi itu di akhir tahun atau di awal tahun," kata Jokowi.


Jokowi menegaskan vaksin yang saat ini diupayakan tiba pada akhir bulan ini tidak bisa begitu saja digunakan. Pasalnya, vaksin tersebut harus tetap menjalankan tahapan-tahapan tertentu.

"Memang proses persiapannya itu tidak hanya menerima vaksin kemudian langsung disuntikkan," kata eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini harus menyiapkan distribusi vaksin ke seluruh tanah air. Apalagi, upaya mendistribusikan vaksin dianggap kepala negara bukanlah perkara yang mudah.

"Ini bukan barang seperti barang lain. Memerlukan cold chain, kedinginan dengan derajat tertentu. Setiap vaksin dari produk berbeda memerlukan distribusi yang beda," jelasnya.

"Inilah yang terus kita siapkan agar nanti ke daerah juga segera mendapatkan vaksin dan vaksinnya juga tidak rusak," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)