Jangan Ngaku Gamers Sebelum Tahu Bagian Penting Monitor Gaming

Jangan Ngaku Gamers Sebelum Tahu Bagian Penting Monitor Gaming

Terbaiknews - Seorang gamer perlu mengetahui beberapa faktor utama agar gaming experience atau pengalaman saat...

Seorang gamer perlu mengetahui beberapa faktor utama agar gaming experience atau pengalaman saat bermain game selalu optimal dan menyenangkan.

Selain pemilihan game yang cocok dengan selera, ‘wajib hukumnya’ performa sistem komputer/PC gaming yang digunakan layak atau mumpuni untuk menjalankan game-game pilihannya.

Tak melulu harus mengaitkan performa sistem yang terkait dengan pemilihan jenis prosesor (CPU), graphic card, RAM, dan storage, namun masih ada satu hal yang tidak kalah pentingnya yang perlu dicermati seorang gamer yakni monitor, dalam hal ini monitor gaming.

Meskipun ada sedikit unsur subjektivitas (merek, desain, dan unsur selera lain), ada panduan atau batasan jelas yang harus diperhatikan dalam memilih monitor gaming ideal bagi seorang gamer. Agar tidak salah memilih monitor gaming, ada beberapa istilah penting yang perlu diketahui seorang gamer, yaitu Resolusi, Refresh Rate, Response time, Adaptive Sync, Jenis Panel, Color Gamut, dan Dukungan Konektor. Berikut ini penjelasannya.

Resolusi

Resolusi layar merupakan salah fitur monitor yang paling pasti disebutkan dalam spesifikasi teknis monitor. Saat ini, mayoritas monitor yang beredar di pasar memiliki dukungan resolusi:
• Full HD / 1080p
• 2K / Quad HD / 1440p
• 4K / Ultra HD / 2160p

Jangan Ngaku Gamers Sebelum Tahu Bagian Penting Monitor Gaming
Warga bermain game Player Unknown"s Battle Grounds (PUBG) melalui telepon pintar di Jakarta, Rabu (19/6). [Suara.com/Oke Atmaja]

Meskipun masih dominan, layar resolusi 1080p perlahan mulai ditinggalkan para gamer (enthusiast gaming) karena tidak lagi memenuhi ekspektasi mereka dalam ketajaman dan kualitas visual gambar. Akibatnya, sebagian besar para gamer setuju bahwa tampilan dengan resolusi 1440p menjadi standar baru dalam monitor gaming.

Resolusi 1440p menawarkan visual yang lebih memukau tanpa harus memerlukan sistem hardware (perangkat keras) kelas atas agar frame rate tetap stabil saat menjalankan game terbaru. Terlebih lagi, monitor yang mendukung resolusi 1440p masih lebih terjangkau daripada monitor 4K.