Hore! RI Bisa Dapat Vaksin Covid-19 Lebih Murah Hingga US$5

Hore! RI Bisa Dapat Vaksin Covid-19 Lebih Murah Hingga US$5

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang PerekonomianÂAirlangga Hartarto...

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang PerekonomianÂAirlangga Hartarto mengatakan Indonesia bisa mendapatkan vaksinÂCovid-19 lebih murah US$2 hingga US$5 karena telah bergabung dengan GAVI dan CEPI.

Global Alliance for Vaccines and Immunisation (GAVI) dan Coalition for Epidemic Perparedness Innovations (CEPI) adalah dua organisasi yang berusaha untuk memberikan akses yang sama terhadap vaksin Covid-19.

Airlangga mengungkapkan Indonesia terus berusaha untuk memperoleh akses vaksin Covid-19. Saat ini Indonesia sudah memperoleh 250-300 juta dosis vaksin, di mana 30 juta sudah dikomitmenkan akan diberikan pada kuartal IV-2020.


Indonesia juga mendapat komitmen vaksin dari G42 sebesar 60-110 juta dosis. Vaksin ini sedang diuji di Uni Emirat Arab (UEA).

"GAVI dan CEPI adalah kegiatan multilateral berbagai kelembagaan dari berbagai negara untuk mendapatkan vaksin sebagai public services. Melalui GAVI dan CEPI ini harga vaksin akan lebih rendah US$3-US$5," terang Arilangga dalam acara Sarasehan Virtual 100 Ekonom bertema "Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing" yang ditayangkan CNBC Indonesia, Selasa (15/09/2020).

Airlangga mengungkapkan saat ini harga vaksin Sinovac dan G42 ditaksi mencapai US$10-US$20.

"Ini berbagai vaksin imunitasnya berbeda-beda, ada yang satu kali dan ada yang dua kali. Vaksin Sinovac kelihatannya dua kali dan Shinopharm (China) diperkirakan satu kali sehingga akan berbeda metode dan harganya," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)