Heboh Pembajakan WhatsApp, Ini Caranya Agar Selamat

Heboh Pembajakan WhatsApp, Ini Caranya Agar Selamat

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Sejumlah pengguna WhatsApp melaporkan adanya pembajakanyaitu akunnya...

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah pengguna WhatsApp melaporkan adanya pembajakan, yaitu akunnya diambil alih oleh hacker untuk tujuan kejahatan.

Tak hanya di Indonesia, Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (The Malaysian Communications and Multimedia Commission/MCMC) bahkan mengeluarkan peringatan yang meminta masyarakat agar waspada.

MCMC mengatakan pembajakan akun Whatsapp biasanya sukses jika korban membocorkan enam digit kode verifikasi. Kode biasanya akan diterima pengguna ketika ada upaya untuk mengubah nomor telepon yang terkait dengan akun mereka, dikirimkan via SMS.


Salah satu modusnya, scammer menghubungi calon korban yang menyamar sebagai individu atau usaha yang mengklaim telah salah memasukkan nomor telepon korban saat mencoba menyelesaikan transaksi online. Akibatnya kode otorisasi transaksi itu telah telah dikirim ke telepon korban dan memohon untuk mengirim kode tersebut.

"Permintaan dikirimkan kode verifikasi ini bahkan bisa datang dari anggota keluarga atau teman korban melalui akun yang telah dibajak oleh penipu," kata MCMC melansir The Star.

Taktik ini biasanya menyesatkan korban dengan berpikir bahwa mereka mengirimkan TAC (kode otorisasi transaksi) yang tidak terkait kepada penipu. Padahal sebenarnya mereka menyerahkan kode verifikasi enam digit ke akun WhatsApp korban sendiri.

Halaman selanjutnya >>>>>>ÂBagaimana Agar Tidak Tertipu?