Daftar Vaksin Lawan Corona yang Efektif 90% Lebih

Daftar Vaksin Lawan Corona yang Efektif 90% Lebih

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Kabar baik soal penelitian vaksin corona (Covid-19) terjadi sepekan ini....

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar baik soal penelitian vaksin corona (Covid-19) terjadi sepekan ini. Sejumlah vaksin eksperimental disebut efektif, bahkan ada yang hingga 90% lebih.
Lalu apa sajakah itu? Berikut rangkuman CNBC Indonesia:



1.Vaksin Pfizer 95%
Vaksin corona buatan Pfizer dan BioNTech disebut sudah selesai uji klinis tahap akhir. Vaksin dengan nama BNT162b2 ini kabarnya efektif 95% melawan Covid-19 tanpa efek samping membahayakan.
Uji klinis vaksin Covid-19 BNT162b2 melibatkan 43.000 relawan di Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa. Data final uji analis mengevaluasi 170 infeksi Covid-19 yang telah dikonfirmasi.


Dikutip dari Express, efek samping relawan hanya bersifat ringan. Di antaranya sakit kepala dan nyeri otot, seperti setelah divaksinisasi flu.
Menurut data final uji tahap akhir vaksin BNT162b2 menjadi sangat efektif melawan virus Covid-19 28 hari sejak dosis pertama dan efektivitasnya konsisten di semua harga, etnis dan rasa.
2.Vaksin Moderna 94%
Vaksin Moderna, perusahaan farmasi AS juga menunjukkan hasil baik. Efektivitas yang dimiliki lebih dari 94%.
"Ini merupakan momentum perbaikan dalam perkembangan kandidat vaksin Covid-19 milik kami. Sejak awal Januari kami mengejar virus ini dengan intens untuk melindungi manusia di seluruh dunia sebisa mungkin. Analisis positif dari studi fase III memberikan validasi klinis awal bahwa vaksin bisa mencegah Covid-19," ujarnya CEO Moderna Stephane Bancel.
Pada Agustus 2020 lalu, Moderna mengatakan menjual vaksin tersebut dengan harga US$ 32-US$ 37 per dosis untuk sejumlah pembeli. Namun bila penjualan dalam jumlah besar, harganya bisa jauh lebih murah.
Akhir tahun ini, Moderna menyatakan siap mengirim sekitar 20 juta dosis vaksin ke AS. Kemudian tahun depan bakal mengedarkan secara global sebanyak 500 juta hingga 1 miliar dosis vaksin.
HAL 2>>>