Cerita Viral Smartphone Hilang Berhasil Dilacak dan Pentingnya Fitur

Cerita Viral Smartphone Hilang Berhasil Dilacak dan Pentingnya Fitur "Find My Device"

Terbaiknews - - Baru-baru iniTwitter diramaikan dengan sebuah utas yang menceritakan seorang pengguna mencari...

- Baru-baru ini, Twitter diramaikan dengan sebuah utas yang menceritakan seorang pengguna mencari smartphone yang dicuri menggunakan fitur pelacakan ponsel.

Cerita tersebut dibagikan oleh akun dengan handle @qelstudy_ pada Kamis (4/2/2021) lalu. Ia menceritakan bahwa smartphoneSamsung Galaxy S20 Plus milik sang ayah hilang ketika sedang berada di kantor Samsat.

Menyadari ponselnya hilang, sang ayah tidak panik dan langsung melacak ponsel miliknya menggunakan aplikasi Life360 dan fitur Google "Find my Device".

Sayangnya, ponsel tersebut tidak berhasil dilacak menggunakan dua aplikasi tersebut karena tidak terkoneksi dengan internet.

Tak habis akal, @qelstudy_ menceritakan ponsel sang ayah kemudian dilacak menggunakan fitur "Find My Mobile" melalui perangkat Samsung lainnya.

Setelah terdeteksi, ponsel tersebut langsung dikunci dari jarak jauh melalui salah satu fitur di Find My Mobile.

Dalam utasnya, @qelstudy_ juga mengatakan bahwa sebenarnya ponsel sang ayah masih tidak terkoneksi dengan internet. Kendati demikian, smartphone tersebut masih bisa terlacak.

Singkat cerita, ponsel sang ayah akhirnya terlacak di aplikasi Find My Mobile dan bisa ditemukan.

Pre-Order Samsung Galaxy S21 di Indonesia Dibuka, Ini Harganya

Pentingnya fitur Find My Device

Dari cerita yang viral di atas, kita melihat betapa pentingnya mengaktifkan fitur pelacak tersebut sebagai langkah antisipasi jika di kemudian hari ponsel kita hilang atau dicuri.

Fitur pelacak ponsel seperti ini sejatinya umum ditemukan di berbagai merek smartphone.Tak hanya Samsung, vendor smartphone lain seperti Apple, Xiaomi, hingga Oppo juga memiliki fitur yang serupa.

Bahkan, Google pun secara default memiliki fitur "Find My Device" di setiap ponsel Android. Namun, fitur tersebut seringkali diabaikan dan tak sedikit pengguna yang tidak mengaktifkannya.

Ada sejumlah alasan yang membuat fitur semacam "Find My Device" ini diabaikan. Salah satunya adalah isu privasi karena fitur ini dianggap dapat membagikan lokasi perangkat milik pengguna.

Padahal, Google sendiri mengatakan bahwa fitur ini penting untuk digunakan. Apalagi ketika pengguna kehilangan smartphone dengan file penting atau rahasia di dalamnya.

Berita dengan kategori