Butuh 10 Tahun Suntik Vaksin Covid ke Warga RI, Masuk Akal?

Butuh 10 Tahun Suntik Vaksin Covid ke Warga RI, Masuk Akal?

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Riset Bloomberg memperkirakan Indonesia membutuhkan waktu hingga 10 tahun...

Jakarta, CNBC Indonesia - Riset Bloomberg memperkirakan Indonesia membutuhkan waktu hingga 10 tahun untuk menyuntikkan dua dosis vaksin ke 75% warganya guna menciptakan herd immunity. Mungkinkah ini terjadi?

Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono mengatakan hal tersebut mungkin saja terjadi. Bloomberg menghitung rata-rata orang divaksin di Indonesia mencapai 60.000 orang dengan jumlah yang divaksin 181 juta penduduk.

"Bisa saja 10 tahun, 7 tahun yang dihitung Bloomberg itu. Tetapi kan artinya menghitung kemarin dengan sekarang atau besok bisa berubah lagi. Jadi dinamis mungkin enggak 7 tahun, mungkin 3-4 tahun," ujar Pandu, Senin (8/2/2021).


Pandu Riono menambahkan untuk mengendalikan pandemi vaksinasi harus dilakukan bersama dengan memperbanyak testing. Ia mencontohkan yang dilakukan India. Negeri Bollywood ini memperbanyak testing sehingga mereka yang membawa virus tetap terisolasi. Dampaknya angka penularan turun.

Di Indonesia, masalahnya ada pada testing. Testing minimal dilakukan 1.000 per minggu per satu juta penduduk dan testing harus dilakukan dengan cepat. "Kalau masih tiga sudah lewat, mereka sudah menularkan ke banyak orang," ungkapkan.

Dia menjelaskan herd immunity ini adalah membuat tidak ada lagi penyakit. Sementara pengendalian pandemi dimaksudkan untuk mengontrol dan harusnya tahap ini dulu dilakukan.

Sekarang menurutnya yang terjadi sekarang menzerokan covid. Sementara masalah pun masih banyak seperti stok, distribusi serta kelompok mana yang harus divaksin dulu agar berdampak pada pengendalian.

Setelah itu baru didefinisikan pengendalian yang diinginkan seperti apa sampai bisa membuat kasus menjadi 0. Namun sekarang nampaknya sudah tidak bisa lagi mengendalikan vaksin jadi jalan satu-satunya dengan vaksinasi.

"Padahal enggak, masih bisa dan saya targetkan itu kemungkinan bisa menurunkan bersama dengan surveilansi, tes dan isolasi. Dibantu dengan vaksin akan lebih sustains. Kalau ada perubahan penduduk yang menurun karena perilaku karena sebagian sudah divaksinasi tidak terlalu berdampak besar," jelas Pandu.

Pemerintah sendiri menargetkanÂbisa menyelesaikan vaksinasi pada 181 juta penduduk Indonesia dalam 1 tahun dengan catatan 900 ribu hingga 1 juta dosis disuntikkan per hari ke 181 penduduk Indonesia. Saat ini vaksinasi per hari baru mencapai 60.000-an.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Berita dengan kategori