China Rilis Foto Perdana Misi Menjelajahi Planet Mars

China Rilis Foto Perdana Misi Menjelajahi Planet Mars

Terbaiknews - JakartaCNN Indonesia -- Pesawat penjelajah luar angkasa ChinaTianwen-1telah mengirimkan gambar...

Jakarta, CNN Indonesia --

Pesawat penjelajah luar angkasa China, Tianwen-1, telah mengirimkan gambar perdana planetÂMars pertama pada Jumat (5/2) malam.

Badan Antariksa Nasional China (CNSA) menuturkan foto hitam putih itu dikirim Tianwen-1 ketika roket luar angkasa itu bersiap mendarat di Mars sekitar akhir tahun ini.

Tianwen-1 diluncurkan China pada Juli 2020 dalam waktu yang bersamaan dengan misi serupa yang dikerahkan Amerika Serikat.


Tianwen-1 dijadwalkan mulai memasuki orbit Mars sekitar 10 Februari mendatang. Foto yang dirilis CNSA itu memperlihatkan fitur geologi Mars, termasuk kawah Schiaparelli dan Valles Marieneris yang merupakan hamparan batu luas di permukaan planet merah tersebut.

Pilihan Redaksi
  • Susul Arab, China Ikut Meluncur ke Mars
  • Beda Misi ke Mars Arab, China, dan Amerika Serikat
  • Robot China Tempuh 400 Juta Km, Bulan Depan Sampai Mars

CNSA mengatakan foto tersebut diambil sekitar 2,2 juta kilometer dari Mars. Tianwen-1 saat ini dilaporkan berada sekitar 1,1 juta kilometer dari planet tersebut.

"Pesawat robotik Tianwen-1 mengaktifkan salah satu mesinnya untuk melakukan koreksi orbit pada Jumat dan diperkirakan akan melambat sebelum tertangkap gravitasi Mars sekitar 10 Februari," kata CNSA seperti dikutip AFP pada Sabtu (6/2).

Tianwen-1 merupakan pesawat nirawak luar angkasa mencakup pengorbit Mars, pendarat, dan penjelajah yang dikerahkan untuk mempelajari daratan planet merah tersebut.

China berharap Tianwen-1 bisa mengudara dan mendarat di cekungan besar Mars yang dikenal Utopia pada Mei mendatang.

"Semua sistem pada Tianwen-1 sampai saat ini berada dalam kondisi baik," kata CNSA.

China terus menggelontorkan miliaran dolar dalam pengembangan misi luar angkasa yang dipimpin militer mereka selama beberapa dekade terakhir demi menyaingi AS dan Rusia.

China berhasil mengirimkan astronot pertama mereka ke luar angkasa pada 2003 lalu. Negeri Tirai Bambu juga telah memulai pembangunan stasiun luar angkasa pada 2022.

Sementara itu, Tianwen-1 bukan misi petama China untuk menggapai Mars. Pada 2011, China berkolaborasi dengan Rusia meluncurkan misi serupa namun gagal saat peluncuran.

(AFP/ard)
[Gambas:Video CNN]