YouTube Uji Coba Fitur untuk Bikin Cuplikan Video

YouTube Uji Coba Fitur untuk Bikin Cuplikan Video

Terbaiknews - KOMPAS.com - YouTube tengah menguji coba sebuah fitur baru bernama Clips. Fitur ini mulai diuji...

KOMPAS.com - YouTube tengah menguji coba sebuah fitur baru bernama Clips. Fitur ini mulai diuji untuk YouTube versi Android dan desktop untuk sejumlah pengguna.

Seperti namanya, fitur Clips berfungsi untuk membuat cuplikan dari sebuah video. Fitur ini bisa digunakan untuk memotong dan memperlihatkan bagian menarik dari video tersebut untuk kemudian dibagikan melalui sebuah link.

Sederhananya, fitur ini bisa digunakan untuk membuat sebuah video pendek layaknya sebuah trailer. Fitur ini bisa digunakan memotong klip baik di unggahan pribadi, maupun video dari pengguna lain.

Fitur semacam ini sebenarnya sudah lebih dimiliki platform Twitch.

Pengguna yang kebagian menguji coba fitur ini, akan mendapati sebuah tombol baru di bagian bawah video tepat di sebelah tombol like dan dislike. Tombol tersebut berbentuk gunting.

Untuk mulai menggunakan Clips, cukup diklik ikon tersebut. Nantinya akan muncul halaman "Create Clip" di samping video yang akan diedit.

YouTube Ungkap Nilai Penghasilan YouTuber, Tembus Ratusan Triliun Rupiah

Pengguna kemudian cukup menggeser ke kanan atau ke kiri untuk memotong bagian video dengan durasi yang diinginkan.

Lewat fitur ini, pengguna YouTube dapat mengatur dan menggeser klip video mana yang akan dipilih lalu menyusunnya dalam urutan yang dikehendaki. Cuplikan yang dibuat minimal berdurasi lima dengan maksimal 60 detik.

Setelah selesai memilih bagian mana yang akan dipotong, klip tersebut juga bisa ditambahkan judul sebelum dibagikan ke platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Reddit, dan lainnya.

YouTube Uji Coba Fitur untuk Bikin Cuplikan VideoKOMPAS.com/ConneyStephanie Fitur baru YouTube, Clips
YouTube mengatakan bahwa fitur Clips ini tidak akan tersedia bagi pengguna akun YouTube Kids. Sebagai informasi, YouTube Kids sendiri merupakan platform khusus bagi anak-anak yang dirilis pada 2015 lalu.

Selain itu, video yang memiliki durasi panjang sekitar lebih dari delapan jam juga tidak akan menjumpai fitur Clips.

YouTuber Pengulas Gadget Ternama Beberkan Strategi Dapat Uang dari YouTube

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Senin (1/2/2021), potongan klip yang sudah dibagikan akan hilang secara otomatis apabila video aslinya dihapus oleh pemilik akun atau diubah menjadi mode privat.

Selain itu, YouTube juga mengatakan bahwa klip yang berdurasi lebih dari 30 detik kemungkinan akan dijejali cupilkan iklan di dalamnya. Petunjuk untuk mencoba fitur Clips ini bisa dilihat melalui tautan berikut ini

Berita dengan kategori