Unggahan Instagram yang Dihapus Bisa Dikembalikan, Begini Caranya

Unggahan Instagram yang Dihapus Bisa Dikembalikan, Begini Caranya

Terbaiknews - - Instagram merilis sebuah fitur baru. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan...

- Instagram merilis sebuah fitur baru. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan unggahan yang telah dihapus.

Fitur baru yang bernama "Recently Deleted" ini memungkinkan pengguna mengembalikan foto atau video apa saja yang baru dihapusnya.

Selain foto dan video biasa, fitur ini juga bisa memulihkan konten lain yang diunggah di Instragram, seperti Reels, Stories, dan IGTV.

Instagram mengatakan, fitur ini akan menjadi solusi ketika pengguna tidak sengaja menghapus foto atau video penting miliknya di Instagram. Atau, ketika ada hacker yang sengaja menghapus unggahan pengguna.

"Kami tahu, terkadang hacker menghapus konten ketika mereka mendapat akses ke akun Anda, dan hingga saat ini orang-orang tidak punya cara untuk mendapakan foto atau video mereka kembali dengan mudah," kata Instagram, dihimpun dari Slash Gear.

Tampilan Baru Instagram Stories di Komputer, Lebih Banyak yang Ditampilkan

Untuk mengembalikan konten Instagram Stories, Instagram memberikan waktu 24 jam sejak konten tersebut dihapus. Sementara konten lain yang muncul di feed, seperti foto, video, Reels, ataupun IGTV, bisa dipulihkan maksimal 30 hari setelah dihapus.

Unggahan Instagram yang Dihapus Bisa Dikembalikan, Begini CaranyaInstagram Instagram Recently Deleted
Namun, pemulihan ini harus melalui proses verifikasi. Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (3/2/2021), hal itu dibutuhkan untuk memastikan bahwa si pemilik akunlah yang memulihkan konten yang telah dihapus dan bukan orang lain yang bisa saja memiliki tujuan tak terpuji.

Nantinya, ketika pengguna memulihkan konten, pemilik akun harus mengonfirmasi identitas mereka lewat SMS atau e-mail. Hal itu juga berlaku apabila ingin menghapus konten tersebut secara permanen.

"Mulai hari ini, kami akan meminta pengguna untuk memverifikasi bahwa mereka adalah pemegang akun ketika ingin menghapus atau memulihkan konten dari 'Recently Deleted'," tulis Instagram di blog resminya.

Data Ratusan Juta Pengguna Instagram, Facebook, dan LinkedIn Bocor

Kendati telah dihapus permanen, Instagram mengatakan, salinan unggahan masih akan disimpan hingga 90 hari di penyimpanan cadangan sebelum benar-benar dihapus.

Berita dengan kategori