Speedtest Kini Bisa Tampilkan Cakupan dan Kualitas Sinyal Seluler

Speedtest Kini Bisa Tampilkan Cakupan dan Kualitas Sinyal Seluler

Terbaiknews - KOMPAS.com -Speedtest sering digunakan untuk menguji kecepatan akses internet. Lewat sebuah update...


KOMPAS.com -Speedtest sering digunakan untuk menguji kecepatan akses internet. Lewat sebuah update terbaru, aplikasi benchmark ini sekarang bisa digunakan untuk mengetahui cakupan dan kualitas sinyal seluler di suatu wilayah.

Kualitas di sini dalam hal generasi teknologi dari jaringan seluler yang didapatkan, apakah 2G, 3G, 4G, atau 5G. Semakin tinggi generasinya, semakin kencang pula kecepatannya. Pengguna bisa melihatnya di fitur Coverage Maps lewat ikon di bagian bawah layar di tampilan utama.

Peta Sebaran Jaringan 5G di Dunia dari Pembuat Speedtest

Sebenarnya Speedtest dulu sudah menyediakan fitur yang mirip. Hanya saja, dalam update terkini, tampilan peta lebih detail dan bisa di-zoom-in untuk memperbesar tampilan coverage daerah tertentu.

Data coverage dalam peta diperoleh lewat pengujian yang dilakukan oleh para pengguna Speedtest, kemudian dikalkulasikan dan diambil rata-ratanya untuk tiap area berukuran sekitar 91 x 91 meter (300 x 300 kaki) sehingga tampak kotak-kotak saat dilihat dari dekat.

Speedtest Kini Bisa Tampilkan Cakupan dan Kualitas Sinyal SelulerKOMPAS.com/ConneyStephanie Menjajal fitur Coverage Maps di aplikasi Speedtest
Speedtest memanfaatkan teknologi geolokasi untuk menunjukkan cakupan jaringan internet secara real time, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Minggu (7/2/2021)

Daerah yang sudah pernah diuji ditandai dengan kotak berwarna yang warnanya dibedakan berdasarkan kualitas penerimaan, yakni 2G/ 3G (kuning), 4G (biru muda), 5G (biru), atau tidak ada sinyal (merah).

Alasan Internet 5G Perlu Segera Digelar di Indonesia

Dengan adanya fitur ini, pengguna yang ingin bepergian dapat mengetahui terlebih dahulu seperti apa kualitas jaringan internet di lokasi yang akan dituju dan seberapa jauh cakupannya.

Coverage Map sudah tersedia di aplikasi Speedtest versi 4.5.30. Pengguna Android bisa mengunduhnya lewat toko aplikasi Google Play Store di tautan berikut.

Berita dengan kategori