"Mod" Game Cyberpunk 2077 Bikin PC Rawan Dibajak Hacker

Terbaiknews - KOMPAS.com -Mod pasti sudah tidak asing lagi di telinga para gamer. Berbeda dengan cheat yang...

KOMPAS.com -Mod pasti sudah tidak asing lagi di telinga para gamer. Berbeda dengan cheat yang terbilang ilegal, mod umumnya digunakan untuk mengubah unsur di dalam game sehingga tampilan yang disajikan tampak berbeda.

CD Projekt Red merupakan contoh pengembang yang secara resmi memberikan dukungan mod pada salah satu game besutannya, yaitu Cyberpunk2077. Sayangnya, mod di game ini ternyata bisa disalahgunakan oleh hackeruntuk mengambil alih perangkat korban.

Meski Ada Bug, Game Cyberpunk 2077 Tetap Laris

Masalah tersebut diungkap lewat sebuah posting di forum online Reddit. Disebutkan bahwa kode berbahaya bisa disisipkan di dalam mod atau save game yang dimodifikasi. Kode kemudian dapat dipakai oleh hacker pembuatnya untuk mengambil alih PC korban.

Mod atau save game hasil modifikasiuntuk Cyberpunk 2077 bisa diunduh dari berbagai sumber. Sulit bagi pengguna awam untuk mengetahui apakah di dalamnya ada kode berbahaya atau tidak.

Selain PC, celah keamanan yang sama kemungkinan juga bisa berdampak pada versi PS4 dari game Cyberpunk 2077.

Begini Cara Mengatasi Bug Misi Down on The Street di Cyberpunk 2077

Pihak CD Projekt Red kabarnya sudah diberi tahu mengenai risiko sekuriti ini selama hampir seminggu, tapi belum merilis perbaikannya pada pembaruan Hotfox 1.11 yang dirilis pekan lalu.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Forbes, Selasa (2/2/2021), selagi menunggu patch resmi dari CD Projekt Red, pengguna bisa coba mengunduh plugin Cyber Engine Tweaks versi 1.9.6 yang terbaru.

Pemain Cyberpunk 2077 juga disarankan tidak mengunduh mod atau save game untuk sementara waktu, setidaknya sampai CD Projekt Red merilis perbaikan celah keamanannya.

Berita dengan kategori